oleh

P2SBP Minta Permudah Izin Pementasan Seni

RADARLAMPUNG.CO.ID – Selain dapat memberikan perhatian kepada para penggiat seni, mereka yang tergabung dalam Paguyuban Pegiat Seni Budaya Pringsewu (P2SBP) juga meminta pemkab setempat mempermudah dan memfasilitasi izin pementasan seni.

“Kami berjanji akan mematuhi sekaligus menerapkan protokol kesehatan yang ketat apabila pihak terkait memberikan kelonggaran dengan mengizinkan pelaku seni untuk beraktifitas atau berkesenian,” kata juru bicara P2SBP Ki Teguh Surono.

Tidak hanya itu. Mereka juga siap dibubarkan jika ternyata ada pelanggaran protokol kesehatan. Terlebih maklumat Kapolri terkait kerumunan massa juga telah dicabut.

“Sejak pelarangan pementasan akibat pandemi virus Corona beberapa bulan lalu, pelaku juga kesulitan untuk mencari nafkah,” akunya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Pringsewu Suryo Cahyono mengatakan, idealnya pemerintah daerah memang membantu para pegiat seni tersebut. Namun ia tidak menampik bahwa pemerintah daerah memiliki keterbatasan.

Menanggapinya, Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan, pada prinsipnya pemkab tidak melarang kegiatan. Asalkan sesuai dan mematuhi protokol kesehatan.

“Kami tidak melarang. Terima kasih kepada para pegiat seni di Kabupaten Pringsewu yang bersemangat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” kata Fauzi.

Pada bagian lain, Kapolres Pringsewu diwakili Kabag Operasional AKP Martono mengatakan, maklumat Kapolri tentang Larangan Berkerumun memang sudah dicabut untuk menyesuaikan kondisi New Normal dengan protokol kesehatan.

“Izin keramaian untuk saat ini belum bisa dikeluarkan. Karena masih menunggu ketentuan dari Mabes Polri,” jelasnya.

Pihaknya masih tetap mengimbau dan mengedukasi masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. “Terima kasih atas apa yang disampaikan dan akan dilaporkan ke Kapolres Pringsewu,” terangnya. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi