oleh

Balon Perseorangan Lamtim Siapkan 50 Ribu Dukungan Tambahan

radarlampung.co.id – Pasangan bakal calon  (Balon) bupati dan wakil bupati Lampung Timur Sugianto-Masrizal optimis dapat mengumpulkan kekurangan dukungan.

Masrizal menjelaskan, untuk dapat maju pada konstestasi pemilihah bupati dan wakil bupati (Pilbub) Lamtim pihaknya telah mengumpulkan 100 ribu dukungan. Namun, setelah diseleksi yang diserahkan ke KPU Lamtim sebanyak 77.103 dari batas minimal 59.262. Kemudian dari hasil verifikasi berkas yang memenuhi syarat 73.866 dukungan. Selanjutnya, dari hasil verifikasi administrasi yang memenuhi persyaratan sebanyak 45.508 dukungan atau terdapat kekurangan 13.754 dukungan.

Tahap berikutnya, dari hasil verifikasi faktual diperkirakan akan ada tambahan kekurangan dukungan. “Kami masih menunggu hasil rekapitulasi KPU. Berapapun kekurangannya kami siap memenuhinya  itu termasuk harus 2 kali jumlah kekurangan,”jelas Masrizal di sela-sela memberikan klarifikasi terkait dugaan pemalsuan dukungan di Sekretariat Gakkumdu Lamtim, Rabu (15/7).

Ditambahkan, untuk memenuhi kekurangan, saat ini pihaknya telah menyiapkan 50 ribu dukungan.  “Meski waktu penyerahan perbaikan dukungan hanya tiga hari, kami siap memenuhi kekurangan dukungan,”imbuh Masrizal.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Lampung Timur segera menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual (Verfak) dukungan calon perseorangan.

Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro menjelaskan, verifikasi berkas dukungan calon perseorangan telah dilaksanakan sejak 29 Juni hingga 12 Juli 2020 lalu. Tahap selanjutnya, hasil veririkasi faktual akan direkapitulasi melalui rapat pleno di panitia pemilihan kecamatan (PPK) mulai 13 hingga 19 Juli 2020. “Sudah ada sejumlah PPK yang berencana menggelar rapat pleno, Rabu (15/7) ini,” jelas Wasiat Jarwo.

Dilanjutkan,  rapat pleno  rekapitulasi di KPU Lamtim rencananya akan dilaksanakan pada 20 Juli 2020. “Pada saat rapat pleno, pasangan calon perseorangan akan diundang untuk hadir,” katanya.

Lebih lanjut Wasiat Jarwo menyatakan, karena belum dilaksanakan rapat pleno. Maka sampai saat ini, KPU Lamtim belum dapat mengumumkan hasil verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.

Ditambahkan, kalau ada kekurangan dukungan, maka calon perseorangan diberi kesempatan menyerahkan perbaikan dukungan mulai 25 hingga 27 Juli 2020. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi