oleh

Soal Pilkakon Serentak, Masih Tunggu Jawaban Kemendagri

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tanggamus terus menindaklanjuti harapan Apdesi dan berbagai kalangan agar pemilihan kepala pekon (pilkakon) serentak dilaksanakan tahun ini.

Informasi terbaru, surat dari pemkab telah masuk ke Dirjen Bina Pemerintahan Desa dan naik ke menteri. Namun masih ada yang harus diperbaiki.

Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Pemkab Tanggamus Wawan Haryanto mengatakan, pihaknya masih menunggu surat jawaban dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Begitu surat jawaban diterima, tim akan rapat untuk menentukan langkah selanjutnya,” kata Wawan, Kamis (16/7).

Berdasar hasil keputusan rapat membahas Pilkakon serentak di provinsi beberapa waktu lalu, langkah selanjutnya tetap harus menunggu surat jawaban dari Kemendagri.

“Artinya, langkah apa yang akan diambil oleh tim panitia pilkakon kabupaten, harus mengacu kepada surat jawaban dari Kemendagri tersebut,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemkab Tanggamus menindaklanjuti harapan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) setempat agar pemilihan kepala pekon serentak segera digelar.

Wawan Haryanto mengatakan, hal ini sudah dikoordinasikan dengan Kemendagri. Apakah tahapan pilkakon serentak kembali dilanjutkan atau ditunda.

”Pemkab Tanggamus telah berkirim surat ke Kemendagri guna menanyakan perihal tersebut. Sebab penundaan pilkakon ini juga sesuai surat Kemendagri tentang penundaan pemilihan kepala desa seluruh Indonesia,” ujarnya. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi