oleh

Tegas, Partai Hanya boleh Mengusung Satu Calon!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran menegaskan, partai hanya bisa mengusung satu calon. Ini sesuai dengan UU Nomor 16/2016 tentang Pilkada.

“Undang-Undang Nomor 10/2016 jelas. Tidak adanya namanya rekom ganda. Kalau ada calon A mendapat rekom dan calon B mendapat rekom. Kita akan meminta kejelasan dan verifikasi dengan partai tersebut di tingkat pusat,” kata Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino, Senin (20/7).

Yatin mengungkapkan, pendaftaran bacalon bupati dan wakil ke KPU berlangsung pada 4-6 September. Pada masa itu, KPU akan melakukan verifikasi berkas.

“Kita akan cros cek berkas calon. Karena setiap partai hanya bisa mencalonkan satu pasangan,” tegasnya.

Terpisah, ketua penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pesawaran Saptoni menegaskan, kewenangan penerbitan rekomendasi berada di DPP.

Namun pada saat pendaftaran di KPU, DPD kabupaten/kota masing-masing yang akan mendaftarkan pasangan calon yang diusung ke KPU.

“Rekomendasi bisa saja satu, dua atau tiga. Namun rekomendasi yang sampai ke daerah (kabupaten, Red) itu siapa. Sampai dengan hari ini, rekomendasi ke kita adalah pak Nasir bersama Naldi,” kata Saptoni.

Selain itu, lanjut Ketua Komisi II DPRD Pesawaran ini, pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh PAN nanti akan bersama dengan koalisi partai.

“Segera kita sampaikan. Mulai dari pengurus DPD, DPC, PAC dan anak ranting di bawah, PAN mengusung pak Nasir dan Naldi. Untuk semakin merapatkan barisan memenangkan pasangan calon yang diusung,” tandasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi