oleh

Lamtim Optimis Swasembada Jagung

radarlampung.co.id – Produksi jagung di Kabupaten Lampung Timur meningkat.

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, saat ini luas areal tanaman jagung mencapai 170.072 hektar (ha) dengam produktivitas rata-rata 5,6 ton/ha. Menurutnya, tahun 2018 lalu, Lamtim mampu menghasilkan 784,020 ton dan meningkat menjadi 963,909 ton di tahun 2019. “Dengan adanya peningkatan produksi itu, ke depan kami optimis Lamtim akan swasembada jagung,”jelas Zaiful Bokhari didampingi Sekretaris Dinas Pertanian Lamtim Siti Maeda Suri saat panen raya jagung di Desa Kibang Kecamatan Metrokibang, Selasa (21/7).

Lebih lanjut Zaiful mengungkapkan, saat ini sebagian besar petani jagung mengeluhkan masih rendahnya harga panen yang hanya mencapai Rp3 ribu/kg. Hal itu, dipengaruhi musim penghujan yang mengakibatkan kadar air hasil panen masih tinggi. Namun, Zaiful optimis menjelang musim panas ini, harga jagung akan meningkat.

Kesempatan yang sama Zaiful menyatakan, Pemkab Lamtim akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan petani. Antara lain, Pemkab telah menjalin koordinasi dengan perbankan untuk membantu permodalan petani.  Kemudian, Pemkab juga akan mengupayakan penyaluran bantuan benih dan pupuk. “Ini merupakan wujud pemerintah hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan,”terang Zaiful dalam acara yang juga dihadiri anggota Fraksi Golkar DPRD Lamtim Sudibyo, Camat Metrokibang Edi Hernowo serta Forkopimcam dan petani setempat. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi