oleh

Keluarga Harapkan Gele Harun Dinobatkan Pahlawan Nasional

radarlampung.co.id – Keluarga besar Gele Harun, salah satu tokoh Lampung ini berharap Gele Harun dapat dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional asal Lampung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Anak Gele Harun, Mulkarnaen Gele Harun mengatakan saat ini seluruh berkas untuk menjadikan sang ayah sebagai Pahlawan nasional telah disiapkan. Baik secara administratif maupun teknis.

“Jadi sudah disiapkan semua kemarin syaratnya. Kemudian belum lama ini perwakilan Kementerian Sosial juga sudah mengutus perwakilan untuk melihat makam sebagai bukti sejarah,” bebernya saat ditemui di RRI Lampung Kamis (23/7).

Tak hanya makam, samurai, baju dan foto milik sang ayah bersama Bung Karno pun telah dilihat. Karena itulah Mulkarnaen berharap sang ayah dapat dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

Dia melanjutkan, perjuangan sang ayah di Lampung telah dimulai sejak tahun 1946. hal ini di mulai geriliya dari Palembang dan Lampung. Beliau juga kan mendirikan Angkatan Pemuda Indonesia (API) dan menjadi residen perang, kemudian disahkan menjadi residen dari tahun 1950-1955.

selanjutnya, keluarga besar hanya bisa menyerahkan kepada Pemprov Lampung. “Kami saat ini menyerahkan kepada Pemprov Lampung karena TP2GD ini menilai bahwa ini aset dari Provinsi Lampung dan keluarga sangat berbangga. Dan kami, dengan kerendahan hati kepada pak Jokowi untuk merealisasikan ayahanda ini sebagai pahlawan nasional,” tambahnya.

Sementara ditambahkan Kepala Stasiun RRI Lampung, Joko Purnomo. RRI siap mendukung dn mengawal Gele Harun dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional dari Lampung.

“Kami baik kelembagaan dan dari pusat pun mendukung. Kami juga berharap bisa segera dapat direalisasikan penobatan Mr Gele Harun sebagai pahlawan nasional dari Lampung,” jelas Joko. (rma/ang)

Komentar

Rekomendasi