oleh

Kondisi Pasien Covid-19 di Tubaba Stabil

radarlampung.co.id – Kondisi dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) berangsur membaik. Perawatan secara intensif pun terus dilakukan oleh tim medis RSUD Tubaba terhadap pasien asal Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta tersebut.

Diketahui, SK (42) yang merupakan pasien ke-5 (P-05) terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Sabtu (18/7/2020) pekan lalu. Sementara ES (49) menjadi pasien ke-6 (P-06) setelah hasil swab yang dikeluarkan RSUD Menggala, Rabu (22/7/2020) kemarin juga menyatakan positif Covid-19. Keduanya kini dirawat di ruang isolasi RSUD Tubaba.

“P-05 sudah menjalani perawatan selama 7 hari, sedangkan P-06 baru 4 hari. Sempat ada gejala ringan, tapi setelah diberikan terapi terhadap keluhan masing–masing pasien, kondisinya kini stabil dan terus membaik,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Kamis (23/7/2020).

Dia berharap, kondisi pasien akan  tetap stabil dan  terus membaik hingga dinyatakan sembuh.”Yang jelas, uji swab terhadap pasien akan dilakukan kembali, yakni 7 hari setelah dinyatakan positif Covid-19. Kita berharap, kondisi mereka terus membaik dan secepatnya sembuh, serta tidak ada lagi penambahan kasus positif Covid-19 di Tubaba,”pungkasnya.

Menyikapi dua warganya yang telah dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, Camat Lambu  Kibang Haderiansyah PH, S.STP, MH menghimbau seluruh warga di kecamatan setempat untuk tidak panik dan tidak mudah mempercayai serta ikut menyebarkan berita hoax.

“Saat ini kedua pasien sudah dirawat di RSUD Tubaba. Sedangkan keluarga maupun warga sekitar kediaman pasien sudah di screening dan kini melakukan isolasi mandiri. Kami dari Gugus Tugas Kecamatan bersama aparatur tiyuh juga bergerak melakukan tindakan penanggulangan agar Covid-19 tidak menyebar. Untuk itu, kami berharap masyarakat tidak panik,”ungkapnya.

Berbagai langkah telah kita lakukan, antara lain penyemprotan desinfektan di rumah pasien dan sekitarnya; kemudian berkoordinasi dalam mendukung pelaksanaan tracking dan screening warga yang kontak dengan pasien; menghimbau kepada seluruh warga untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan melalui kepalo tiyuh dan relawan covid tiyuh; menutup tempat wisata atau taman yang ada di tiyuh se Kecamatan Lambu Kibang; serta melakukan sosialisasi dan penyemprotan desinfektan di tempat umum.

Kegiatan itu, lanjutnya, dilakukan sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan meminimalisir jumlah korban sehingga warga dapat melakukan kembali aktivitasnya seperti biasa.”Semua ini tentunya tidak akan berjalan dengan optimal tanpa adanya dukungan dari seluruh unsur masyarakat khususnya di Kecamatan Lambu Kibang. Mari kita saling mendukung, mengingatkan dan mengawasi untuk lebih disiplin lagi dalam penerapan protokol kesehatan. Ayo kita mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar,”tandasnya. (fei/rnn/ang)

Komentar

Rekomendasi