oleh

Dua Pasien Reaktif Diambil Swab

radarlampung.co.id – Dua orang pasien yang kemarin dinyatakan oleh Dinas Kesehatan reaktif atas hasil rapid test lantaran diduga terpapar Covid-19, hingga hari ini (24/7) dalam kondisi baik. Kedua pasien tersebut tadi pagi telah diambil  sampel untuk pengetesan Swab tahap pertama. Kemudian besok Sabtu (25/7) akan dilanjutkan untuk pengambilan sampel swab tahap kedua.

Kedua pasien tersebut saat ini ini sedang dalam penanganan tim medis Rumah Sakit Umum Daerah Tulang Bawang Barat dalam kondisi tanpa keluhan. Penegasan ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang Barat Majril, M.Kes. NS kepada radarlampung.co.id, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon tadi malam.

Diungkapkan Majril, 4 orang dengan 2 diantaranya positif dan 2 lainnyn dinyatakan reaktif, dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Tubaba. “Jadi dua yang positif kita tempatkan di ruangan sisi kanan, sementara dua lainnya yang yang masih reaktif ditempatkan di sisi kiri,”paparnya.

Keempat orang tersebut menurun Majril masih bisa keluar ruangan untuk sekadar berjemur atau menghilangkan penat di taman ruang isolasi tersebut, namun harus tetap menjaga jarak minimal 3 sampai 5 meter serta harus menggunakan masker.

Ditambahkan Majril, dua orang yang sebelumnya dinyatakan positif tersebut sebelumnya terdapat keluhan, namun setelah dirawat oleh tim medis saat ini telah menunjukkan peningkatan kesehatan yang signifikan hingga nampak tanpa keluhan.

Seperti diberitakan radarlampung.co.id sebelumnya, Kabupaten Tubaba kembali merawat satu pasien positif Covid-19. Dia adalah ES (49) warga Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambukibang, Kabupaten Tubaba, Provinsi Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Majril, M.Kes. membenarkan perawatan pasien dengan identitas 06 (P-06) tersebut. Pasien ini merupakan hasil tracking/pelacakan dari penetapan P-05 pada 18 Juli yang lalu. “Dia sebagai pasien  terkonfirmasi positif (+) covid-19/Sars Cov2 positif,”katanya kepada radarlampung.co.id.

Setelah hasil rapid test reaktif (+) pada Tanggal 18 Juli 2020 P-06, langsung di rujuk ke RSUD Tubaba untuk dilakukan isolasi dan langsung dilakukan pengambilan swab dua kali melalui hari yang berbeda.

“Hari ini tanggal 22 Juli 2020 berdasarkan hasil swab yg dikeluarkan oleh Laboraturium RSUD Menggala dinyatakan positif (+) covid-19/terindikasi dengan Sars Cov2 positif.

“Saat ke dua pasien P-05 dan P-06 dalam perawatan tim medis RSUD tubaba, selanjutnya tim medis akan melakukan tracking/pelacakan dan skrening terhadap orang-orang yang ada riwayat kontak erat dengan pasien P-06. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi