oleh

Di Tubaba, Satu Pasien Sembuh, Tiga Pasien Reaktif Terkonfirmasi Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID-Tiga pasien reaktif rapid test Covid-19 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil uji swab yang dikeluarkan oleh RSUD Menggala-Tulangbawang (Tuba). Sementara hasil uji swab terhadap pasien SK (42) asal Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kbang sudah dinyatakan negatif dan dia kini telah dikeluarkan dari ruang isolasi RSUD Tubaba.

“Dengan bertambahnya pasien positif covid-19 hari ini, total di Tubaba menjadi 9 (sembilan) orang. Namun, empat orang pasien sudah dinyatakan sembuh sejak Mei lalu, kemudian SK juga hasil uji swabnya sudah negatif. Jadi, saat ini masih ada 4 (empat) pasien positif yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Tubaba,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Minggu (26/7) malam .

Empat pasien positif Covid-19 tersebut yakni ES (49) warga Kibang Yekti Jaya-Lambu Kibang, DS (42) dan WA (19) warga Kibang Mulya Jaya-Lambu Kibang. Ketiganya memiliki riwayat perjalanan dari wilayah zona merah, Jakarta. Sementara  TW (26) warga Sido Agung-Way Kenanga yang uji swab nya juga menyatakan positif Covid-19 tidak memiliki riwayat perjalanan Jakarta, namun pernah kontak dengan pasien ES.

Dengan adanya penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut,  tim medis akan melakukan tracking dan screening terhadap orang-orang yang ada riwayat kontak erat dengan pasien. Dalam hal ini, kita juga akan melibatkan gugus tugas kecamatan dan aparatur tiyuh tempat mereka tinggal,”tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, selain 2 (dua) pasien terkonfirmasi positif Covid-19 SK (42) dan ES (49) asal Tiyuh Kibang Yekti Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, RSUD Tubaba hingga saat ini juga mengisolasi dan merawat 3 (tiga) pasien reaktif rapid test Covid-19 hasil tracking dan screening dari pasien ES. Ketiganya yakni DS (42) dan WA (19), warga Tiyuh Kibang Mulya Jaya, Kecamatan Lambu Kibang yang telah diisolasi sejak Kamis, (23/7).

Lalu, TW (26) warga Tiyuh Sido Agung Kecamatan Way Kenanga yang juga menjalani isolasi di RSUD Tubaba sejak Sabtu (25/7/2020).”Tiga pasien reaktif rapid test tersebut tinggal menunggu hasil uji swab yang dilakukan RSUD Menggala-Tulang Bawang, termasuk hasil uji swab dari pasien SK, pasien kelima yang terkonfirmasi positif Covid-19,”ungkap Majril, S.Kep, Ns, MM, Kepala Diskes Kabupaten Tubaba saat dikonfirmasi Radar Tuba (Grup Radar Lampung) melalui WhatsApp, Minggu (26/7) siang.

Menurutnya, tracking kontak (pelacakan) dan screening (penyaringan/pemeriksaan) dari penemuan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) terus dilakukan. Bahkan, Dinas Kesehatan (Diskes) setempat hingga saat ini mencatat sebanyak 30 orang masuk dalam data Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sampai kini mereka pun masih menjalani isolasi mandiri dan dalam pemantauan Diskes Tubaba, Gugus Tugas kecamatan, serta aparatur tiyuh.

“OTG ini sudah menjalani rapid test sebanyak satu kali, dan setelah 14 hari sejak mereka menjalani isolasi mandiri akan dilakukan rapid tes kembali. Jika hasilnya tetap non reaktif maka lepas dari status OTG nya,”ujarnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi