oleh

Program Pamsimas di Pesawaran Jalan Terus, Dari 2017 Sudah 99 Unit Dibangun

RADARLAMPUNG.CO.ID-Di era kepemimpinan Bupati Dendi Ramadhona dan Wakil Bupati Eriawan, program Penyediaan Air Minum Dan Santitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) digelar. Sejak 2017 hingga 2019 saja, sudah 99 unit dibangun dan tersebar di seluruh desa di 11 kecamatan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Pesawaran Firman Rusli melalui Sekretaris Dinas, Erdi Sidharta  mengatakan, program Pamsimas yang dibangun bersumber dari APBD dan APBN.

“Untuk tahun ini, Pamsimas yang digelontorkan total sebanyak 27 unit. Dengan rincian 5 desa yang bersumber APBD, APBN 14 Desa dan 8 Desa HID,”ungkap Erdi Sidharta, Minggu (26/7).

Dikatakan, sejumlah tahapan pelaksanaan Pamsimas TA 2020 yang sudah terealisasi diantaranya penyusunan PJM Pro -Aksi dan RKM 32 Desa Tahun 2020; Untuk Pendanaaan 5 Desa APBD sudah masuk dalam DPA Pamsimas 2020 Kabupaten Pesawaran kemudian melakukan sharing Dana APBDes telah telah di alokasikan dalam RKP masing -masmg Desa Dampingan Pamsimas 2020 dan telah dilakukan pembukaan Rekening KKM oleh masing-masing Desa Pamsimas.  “Termasuk  untuk berkas PKS 27 Desa Pamsimas 2020 juga telah selesai disiapkan,”ucapnya.

Dijelaskan, Pamsimas merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka menciptakan masyarakat hidup bersih dan sehat melalui penyedian layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Pendekatan Berbasis Masyarakat menurutnya, menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan penentu dalam seluruh tahapan. Yakni mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan sampai dengan tahap pengoperasian dan pemeliharaan.

“Kegiatan Pamsimas mencakup kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum. Serta pengembangan kapasitas pelaku Pamsimas melalui pelatihan dan bimbingan teknis,”pungkasnya (ozi/wdi)

 

Program Pamsimas Kabupaten Pesawaran

No     Tahun   APBD      APBN.   JUMLAH

  1.       2017         3               12            15
  2.       2018         13             29           42
  3.       2019         10             32           42

 

Sumber: Dinas Perkim

Komentar

Rekomendasi