oleh

Biaya Pasien Covid-19 Rp7 Juta per Hari Sesuai Permenkes

RADARLAMPUNG.CO.ID – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) mengklaim biaya perawatan pasien Covid-19 sebesar Rp7 juta sehari sudah sesuai peraturan Kementerian Kesehatan.

Direktur Utama RSUDAM dr. Herri Tjoko Soebandrio mengatakan, biaya tersebut bisa lebih dan bisa kurang.

“Kalau saya ngomong nilainya, itu susah. Karena ada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 446. Bahkan ada yang sampai Rp15 juta lebih. Karena itu kan paket,” kata Herri Tjoko Soebandrio, Senin (27/7).

Menurut dia, verifikasi dilakukan oleh BPJS. “Saat kita sudah melakukan perawatan dengan nilai sekian, maka akan diverifikasi. Tidak boleh lebih dari Permenkes,” tegasnya.

Herri melanjutkan, penghitungan biaya sebesar Rp7 juta per pasien selama dua minggu tidak semuanya benar. Penghitungan sah dilakukan tim verifikasi BPJS terhadap pasien tersebut.

“Tidak semudah (mengalikan nilai). Jadi, BPJS memverifikasinya. Obat yang digunakan dan perawatan seperti apa. Kalau pakai ventilator, bisa dibilang tertinggi biayanya. Mencapai Rp16,5 juta. Di sini, baru pasien nomor 02 yang menggunakannya,” urainya.

Lebih jauh Herri mengungkapkan, klaim yang sudah dibayarkan BPJS pada April sudah keluar. Khusus untuk pasien Covid-19 mencapai Rp1 miliar lebih. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi