oleh

Ikut Relokasi UTBK? Simak Informasi Ini

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 masih akan digelar bagi peserta yang melakukan relokasi. Pelaksanaan tes UTBK tersebut direncanakan pada 30 Juli mendatang.

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin menjelaskan, pelaksanaan tes tersebut dijadwalkan oleh panitia pusat. Pelaksanaan diperuntukkan bagi peserta yang tidak bisa mengikuti tes karena pandemi covid-19.

“Itu bagi yang tidak bisa mengikuti tes karena covid-19 dari tahap I maupun tahap II. Jadi mereka dicarikan waktu tersendiri pada 30 Juli. Kalau di Unila ada 14 orang yang akan tes,” jelasnya, Minggu (26/7).

Total seluruh peserta UTBK 2020 yang tidak hadir pada tahap I maupun tahap II berjumlah 1.178 orang. Dengan berbagai kendala. Menurutnya, banyak faktor yang mempengaruhi peserta UTBK SBMPTN tahun 2020 tidak dapat menghadiri tes. Misalkan, ketika mendaftar dan memilih program studi ternyata tidak sesuai keinginan, lalu peserta daftar lagi.

Selain itu, kemungkinan tidak hadir lainnya, para peserta ini sudah mendaftar dan memilih pusat UTBK Unila, tetapi memilih untuk relokasi tempat tes karena daerahnya PSBB, atau kendala lainnya. Serta dikarenakan telah diterima di sekolah kedinasan.

“Kalau di total mencapai 1.178 orang yang tidak hadir dalam UTBK kemarin. Pada tahap I ada 757 orang, dan tahap II sebanyak 451 orang,” katanya.

Sementara, tambahnya, di lain sisi, pendaftar Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN)-Barat Unila telah mencapai 260 orang, di antaranya baru 219 orang yang telah melakukan permanen status.

“Sebanyak 41 orang belum melakukan permanen status. Sedangkan yang memilih Unila sebagai pilihan pertama sebanyak 238 orang,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi