oleh

Serentak, Pantau Lapak Hewan Kurban di Pesawaran

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pertanian Pesawaran melakukan pemantauan dan pengawasan lapak ternak menjelang perayaan Idul Adha, Senin (27/7). Kegiatan yang berlangsung serentak ini bertujuan menjamin kualitas hewan kurban yang dijual.

Kepala Bidang Peternakan dan Keswan Dedy Noviansyah mengatakan, tidak hanya kualitas secara fisik. Daging kurban yang akan dikonsumsi juga harus memenuhi kriteria ASUH. Yakni aman, sehat, utuh, dan halal

“Dalam pemantauan tersebut, hewan kurban diperiksa. Baik antemorthem maupun poshmortem,” kata Dedi mewakili Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama N.

Untuk pemeriksaan antemorthem, dilakukan sebelum penyembelihan. “Setelah pemeriksaan, kita juga memberikan vitamin dan ternak dipasang tanda kalung yang menyatakan sehat serta memenuhi syarat untuk dijual sebagai hewan kurban,” ucapnya.

Sementara pemeriksaan poshmorthem dilakukan setelah hewan disembelih.  Petugas akan memeriksa bagian dalam  hewan kurban.

Selain pemeriksaan hewan, tim juga menyosialisasikan physical dan social distancing. Kemudian penyediaan sarana cuci tangan dan protokol kesehatan lainnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi