oleh

Kunjungi Tuba, Wabup OKI Belajar Strategi Hidupkan UKM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jalan tol trans sumatera (JTTS) saat ini sudah dapat dilalui. Khususnya di Lampung. Membentang dari Lampung Selatan sampai dengan Mesuji.

Saat ini warga Lampung atau pendatang, lebih banyak menggunakan JTTS jika ingin bepergian ke arah Samatera Selatan (Sumsel). Imbasnya, jalan lintas timur (Jalintim), jalan lintas pantai timur (Jalinpantim), dan jalan lintas tengah (Jalinteng) menjadi sepi.

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) banyak yang terkena dampak. Sepi pengunjung, apesnya bisa sampai tutup. Di sini, peran pemerintah daerah sangat penting: memberikan solusi juga strategi tepat agar dapur UKM tetap ngebul.

Tulangbawang (Tuba) menjadi salah satu wilayah yang dilalui JTTS. Beruntung, pemerintah daerah memberikan solusi untuk para pelaku UKM.

Stimulan sebesar Rp20 juta diberikan. Dari tahun 2019 sampai 2020, total sudah Rp18,740 miliar dikeluarkan.

Bantuan ini termasuk kedalam 25 program unggulan Bergerak Melayani Warga (BMW). Alhasil, pelaku UKM di Tulangbawang dapat sedikit bernafas lega.

Hal itu lantas menarik Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel Djakfar Shodiq berkunjung ke Tulangbawang. Dia mengaku ingin belajar, mengetahui strategi apa yang di gunakan Tulangbawang untuk menggerakkan roda ekonomi di bidang UKM pada saat terbangunnya JTTS. Ya, OKI menjadi salah satu kabupaten di Sumsel yang dilalui JTTS.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tulangbawang Winarti menyampaikan jika pihaknya menggerakkan UKM melalui 25 program unggulan BMW.

“Kami memberdayakan dan menstimulasi UKM agar tetap berjalan sebagai alat penggerak ekonomi. Alhamdulillah, baik di kabupaten, kecamatan, kampung, serta kelompok masyarakat semua terlibat. Mereka gotong-royong menggerakkan perekonomian di daerah,” kata Winarti.

Mantan ketua DPRD Tulangbawang itu sadar, adanya JTTS sedikit banyak akan berdampak pada perekonomian warganya. Khususnya pelaku UKM.

Tapi, dia yakin. Adanya bantuan stimulan akan membantu UKM. Sehingga diharapkan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Tulangbawang. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi