oleh

Soal Embarkasi Haji, Pemprov Lampung Yakin 2021

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bandara Radin Inten II Lampung Selatan ditargetkan bisa memulai embarkasi penuh dari Lampung untuk pelaksanaan keberangkatan ibadah haji 2021 mendatang.

Rapat persiapan emberkasi penuh bandara Radin Inten II ini pun kembali di gelar di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Lampung Rabu (29/7). Kadis Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo mengatakan Pemprov Lampung terus berupaya dalam memenuhi syarat emberkasi haji 2021.

“Ya kami terus optimis terkait emberkasi haji,  karena tahun ini tidak ada perjalanan haji. Ya kami berharap pada 2021 bisa langsung emberkasi dari Lampung,” beber Bambang.

Bambang menyebut  pasca kedatangan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN  Erick Thohir sabtu lalu, pihaknya sudah menyampaikan ihwal persoalan yang menghambat emberkasi penuh dari Lampung.

“Selain itu Pak Gubernur juga sudah mengirim surat kepada Kementerian Agama dan sudah dibalas. Ditambah sudah disampaikan juga saat beberapa menteri hadir kita sudah sampaikan,” tambahnya.

Saat ini, persoalan yang menghambat emberkasi haji langsung dari Lampung ini mengenai Pavement Classification Number (PCN) yang digunakan untuk menentukan nilai kekuatan permukaan landasan.

“Kan PCN di Radin Inten ini kan masih diangka 63 atau 64, sementara butuhnya untuk pesawat berbadan  besar itu sampai 73. Tapi sekarang kan Bandara juga sudah dipegang Angkasa Pura, dan sudah disampaikan ke Menteri terkait peningkatan anggaran untuk Persiapan itu,” tambah Bambang.

Lainnya terkait Instrument Landing System (ILS). Bambang menyebut, dalam menyupport ILS, Menteri Perhubungan sudah menyanggupi untuk memindahkan ILS dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Raden Inten.

“Jika kedua itu, ILS dan PCN selesai. Maka nantinya tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi akan melakukan survei dan penilaian. Karena tim GACA ini akan melihat apakah benar sudah selesai dan semuanya memenuhi syarat,” tambahnya.

Selanjutnya, jika sudah mendapatkan persetujuan GACA maka nantinya Lampung bisa melakukan Embarkasi haji penuh. “Ya insyaallah 2021,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi