oleh

Pengawasan UM PTKIN Tetap Ketat Meski Tes Dilakukan Dari Rumah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM PTKIN) yang dilakukan secara daring harus dipersiapkan dengan maksimal. Sehingga pelaksanaannya berjalan lancar.

Pelaksanaan UM-PTKIN sendiri akan diselenggarakan pada 3-6 Agustus mendatang. Wakil Rektor (WR) I UIN Raden Intan Lampung Dr Alamsyah mengatakan, tes PMB secara daring ini merupakan kebijakan yang terbilang baru. Belum pernah dilaksanakan sebelumnya di perguruan tinggi. Termasuk di lingkungan Kementerian Agama.

“Oleh karena itu, tes ini harus betul-betul dipersiapkan dengan semaksimal mungkin agar pelaksanaannya lancar. Serta semua peserta bisa mengikuti dengan baik,” katanya.

Kemudian, lanjutnya, peran petugas pengawas sangat penting dan menentukan dalam tes nanti. Alamsyah memastikan petugas yang berada di UIN Raden Intan harus menjalankan pengawasan ujian dengan disiplin, jujur, dan berintegritas.

“Sebagai langkah serius, petugas juga menandatangani fakta integritas. Hal ini penting, mengingat hasil kelulusan peserta dan kelancaran tes banyak bergantung kepada pengawas, selain kesiapan sistem tentunya. Petugas juga sudah terlatih untuk bisa mengidentifikasi persoalan yang muncul saat teknis pelaksanaan seperti kesiapan server, jaringan, dan hal teknis lainnya,” ujarnya.

Kassubag Humas UIN Raden Intan Lampung Hayatul Islam menambahkan, jumlah peserta UM PTKIN tahun 2020 yang terdaftar sebanyak 132.429 peserta. Tercatat 5.866 peserta yang diawasi oleh panitia lokal UIN Raden Intan Lampung yang terbagi ke dalam 25 ruang ujian. Di mana, satu ruang terdiri atas 20 peserta dan perhari dilaksanakan sebanyak 3 sesi. Sehingga, satu hari akan ada sebanyak 1.500 orang yang mengikuti ujian dari rumah.

“Jadi, setiap sesi ada 500 orang yang melaksanakan tes. Pengawas akan mengawasi gerak-gerik peserta ujian melalui kamera di gadget masing-masing. Satu pengawas akan mengawasi 20 peserta. Seperti zoom tampilannya, jadi di layar akan ada semua peserta yang tengah tes,” jelasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi