oleh

Dorong UMKM Berkembang, Terus Berikan Pelatihan Kewirausahaan

radarlampung.co.id – Sebagai upaya mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi di Kabupaten Pesawaran agar bangkit untuk melaksanakan aktifitasnya ditengah-tengah era new normal saat ini, Dinas Koperasi dan UKM memberikan pelatihan kewirausahaan.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pesawaran, Rohana Sri Hartati, kewirausahaan Koperasi adalah suatu sikap mental positif dalam berusaha secara koperastif dengan mengambil prakarsa inovatif serta keberanian mengambil resiko dan berpegang teguh pada prinsip identitas Koperasi.

“Untuk itu maka kita perlu mendorong koperasi dan UMKM untuk bangkit di pasca pandemi Covid-19 sehingga dapat cepat pulih kembali dengan mengaktifkam koperasi-koperasi yang lesu itu melalui bekal pelatihan-pelatihan yang telah diberikan ,” ungkap Rohana Sri Hartati, Minggu (2/8).

Dikatakan, pentingnya Kewirausahaan bagi Koperasi adalah sebagai mobilisasi sumber-sumber daya dan modernisasi proses sehingga menjadi lebih efisien, lebih efektif, lebih produktif dan lebih mengembangkan serta memberikan keberhasilan usaha, karena maju mundurnya dan tumbuh kembang nya suatu Koperasi ditentukan oleh berkembangnya para Wirausha Koperasi.

Pelaksanaan kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang Kewirausahaan Koperasi sehingga dapat mencari peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan anggota, merealisasikan peluang usaha dan menumbuhkan para wirausaha Koperasi yang dapat memberikan manfaat bagi anggota dalam berusaha.

“Sementara dari segi pembiayaan dan permodalan, kita juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa Perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR),” jelasnya

Selain itu, lanjutnya, tujuan pelaksanaan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengurus Koperasi dalam hal Kewirausahaan Koperasi. Kemudian, juga untuk mendapatkan SDM yang terampil dan terlatih dalam hal mencari peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan anggota, merealisasikan peluang usaha, menjadi comparative institution, menumbuhkan para wirausaha Koperasi yang dapat memberikan manfaat bagi anggota.

“Narasumber paltihan berasal dari Badan Diklat Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung,” pungkasnya. (ozi/ang)

Komentar

Rekomendasi