oleh

Sweeping Project Jadi Upaya Unila Kejar UI Greenmetric World

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Lampung (Unila) berupaya mengejar pencapaian UI greenmetric. Salah satunya dengan melaksanakan sweeping project.

Rektor Unila Prof. Karomani melalui juru bicara rektor Nanang Trenggono mengatakan, sweeping project atau gerakan bersih-bersih sampah, merupakan wujud membangun kesadaran terhadap kebersihan lingkungan kerja. Juga sebagai simulasi proses pengolahan sampah berkelanjutan dalam rangka upaya pencapaian greenmetric Unila.

“Untuk program pencapaian greenmetric, dulu ada tapi belum terpadu. Kini, diupayakan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), SDGs, Fakultas, lembaga, serta UPT sinergi bersinergi untuk greenmetric,” katanya, Minggu (2/7).

Ia mengatakan, seluruh civitas akademika mulai daru rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, kepala lembaga, dan para dosen, serta relawan Lampung Sweeper Community turun langsung dalam gerakan bersih-bersih sampah.

Gerakan bersih-bersih dimulai dari Lapangan Rektorat, berkeliling di delapan fakultas. Lalu, berakhir di titik akhir Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Unila.

Dijelaskannya, TPST Unipa memproduksi kompos hasil olahan sampah organik halus. TPST Unila juga memproduksi pencacah plastik yang berasal dari bermacam-macam bentuk limbah plastik dari pemulung yang disetorkan ke pengumpul.

Untuk diketahui, UI greenmetric world universities rankings dimaksudkan untuk membuat survei online guna melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada universitas di seluruh dunia. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi