oleh

Agustus Diprediksi Kemarau, BPBD Mesuji Siaga Kebakaran Hutan

Radarlampung.co.id – Memasuki musim kemarau di tengah Pandemi Covid 19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji mulai memetakan dan memantau kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di Kabupaten Mesuji. Dimana musim kemarau pada tahun 2020 ini diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus ini.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji, Sahril mengatakan, saat ini pihaknya memang sudah mulai memetakan daerah yang kita anggap rawan akan kebakaran hutan dan lahan.

Jika melihat kondisi tahun lalu, daerah yang wilayahnya cukup rawan akan kebakaran hutan dan lahan ada diwilayah Kecamatan Mesuji Timur dan Kecamatan Simpang Pematang. Sebab, di Kecamatan tersebut ada banyak daerah gambut dan wilayah perkebunan.

“Potensi kebakaran, biasanya muncul karena daun mengering dan berguguran akibat panasnya suhu. Guguran daun ini menjadi mudah terbakar jika ada percikan api sekecil apapun,” ungkap Sahril, Senin (3/8).

Menurutnya, pihaknya sudah mulai mengantisipasi pencegahan kebakaran lahan, salah satunya dengan mengimbau berbagai macam pihak untuk bersiaga pada potensi kebakaran lahan.

“Yang pasti kami BPBD mengharapkan masyarakat Mesuji ikut waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan (kahutla), mengingat saat ini akan memasuki musim kemarau. Karena peran masyarakat sangat di harapkan Untuk tetap mewaspadai dan mengantisipasi secara dini terjadinya Karhutla di Bumi Ragab Begawe Caram Mesuji,” pungkasnya.(muk/yud)

Komentar

Rekomendasi