oleh

Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan untuk Poktan Kopi, Lada dan Kakao

RADARLAMPUNG.CO.ID – Petani kopi, lada dan kakao di Tanggamus mendapat bantuan mesin potong rumput, rehabilitasi tanaman lada serta Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi dan kakao. Bantuan diserahkan langsung Bupati Dewi Handajani kepada kelompok tani (Poktan) penerima, di aula pertemuan terbuka Dinas Pangan dan Pertanian setempat, Selasa (4/8).

Bupati Dewi Handajani berharap bantuan ini dapat menjadi angin segar bagi petani dalam pengembangan tanaman kopi dan lada. Dengan begitu, geliat kopi dan lada tetap berjaya di Bumi Begawi Jejama dan Provinsi Lampung.

Kemudian dapat kembali memberi kontribusi sebagai kabupaten penghasil kopi dan lada.

“Dengan bantuan ini, harapannya petani kita lebih baik lagi dan lebih sejahtera. Kami akan tetap berupaya agar bantuan dari pusat tetap mengalir ke Tanggamus,” tegas Dewi.

Bunda Dewi–sapaan akrab Dewi Handajani–, juga berpesan kepada Poktan untuk merawat dan memanfaatkan bantuan dengan baik.

“Bantuan ini harus ada tindak lanjutnya. Dirawat dan dijaga sebaik mungkin sehingga produksi menjadi baik. Gunakan alat untuk kelompok. Bukan perorangan, sehingga manfaatnya harus dirasakan orang banyak,” pesan Bunda.

Sementara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus Catur Agus Dewanto mengatakan, bantuan yang diberikan berasal dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2020.

Bantuan tersebut berupa peremajaan tanaman kopi seluas 300 hektare untuk
30 kelompok tani dengan rincian bibit kopi 300.000 batang, pupuk organik 60.000 kilogram dan mesin pemotong rumput 50 unit.

“Lalu rehabilitasi tanaman lada seluas 150 hektare untuk 14 kelompok tani dengan rincian bibit lada sebanyak 120.000 batang, pupuk organik 30.000 kilogram dan unit pengolahan hasil (UPH) kopi bubuk dan bubuk cokelat,” terang Catur. (ehl/ral/ais)

Komentar

Rekomendasi