oleh

Lima Desa di Mesuji dapat Bantuan Bibit Tembakau

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pertanian Mesuji menargetkan pengembangan tanaman tembakau pada tahun 2020 seluas 15 hektare. Dari target tersebut, Pemda Mesuji menyiapkan sebanyak 200 ribu lebih bibit tembakau.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian Mesuji, Dahuri mengatakan, bahwa untuk Keuntungannya, berbudidaya tembakau ini yang pertama membutuhkan waktu pembudidayaannya hanya 3 bulan bisa panen, Dibandingkan dengan tanaman lain, tentunya sangat menggiurkan.

“Nah, dari sisi ekonominya, tembakau ini kalau satu ton basah itu bisa dapat 1 kwintal kering tembakau, artinya 10 persen,” ungkapnya.

Untuk potensi hasil tanaman tembakau sendiri, berkisaran 1 ton untuk lahan 1 hektare. “Kalau untuk harga tembakau sendiri bisa dibilang relatif, Karena tergantung produksi, tergantung tempat jual, tergantung Cara para petaninya menjual,” ujarnya.

Dahuri menjelaskan, tahun 2020 ini, desa yang akan menerima bantuan bibit tembakau tersebut, yakni di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungraya, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Simpang Pematang, Desa Tanjung Menang, Kecamatan Mesuji Timur, Dan Desa Bangun Mulyo, Kecamatan Simpang Pematang.

“Nantinya di setiap Desa masing-masing, para petani tembakau itu membuat kelompok minimal berisi 5 orang, 1 orang nya menyumbangkan lahan nya berapa pun luasnya, gak ada patokan dari kami ,harus sekian luasnya. Bibit sendiri akan dibagikan perkiraan bulan september 2020 mendatang,” jelasnya. (muk/yud)

Komentar

Rekomendasi