oleh

Sebanyak 3118 Dukungan Ike-Zam Tak Masuk DPT

RADARLAMPUNG.CO.ID– KPU Kota Bandarlampung sudah rampung melakukan verifikasi administrasi terhadap Bakal Pasangan Calon Perseorangan (Bacaden) Ike Edwin-Zam Zanariah.

Komisioner KPU Kota Bandarlampung Fery Triatmojo mengatakan, dari hasil verifikasi administrasi, pasangan ini dapat dinyatakan lolos ke tahapan selanjutnya yakni tahapan verifikasi faktual hasil dukungan perbaikan.

Diketahaui, saat tahapan dukungan perbaikan, Ike-zam menyerahkan dukungan perbaikan sebanyak 54.450. Dari total itu, yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 45.277 dukungan. Sementara, yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 9.173 dukungan. “Berdasarkan ketentuan, pasangan ini bisa lanjut ke tahapan verifikasi faktual,” kata dia, Selasa (4/8).

Dalam verifikasi administrasi tersebut, sambung Fery, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap tiga hal. Yakni kelengkapan dokumen, dukungan ganda, dan pendukung yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta tidak masuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Hasilnya, dari total yang MS 45.277 dukungan ada 3.118 pendukung yang tidak masuk dalam DPT, sementara yang masuk DPT sebanyak 42.159 dukungan. “Nanti kan ada DP4 Perbaikan. Yang belum masuk,  mungkin bisa masuk. Namun, harus ada kroscek dari Disdukcapil. Sehingga apabila pendukung tersebut dinyatakan bukan warga Bandarlampung maka akan dinyatakan TMS, tetapi apabila Disdukcapil tidak memberikan jawaban, maka tetap akan dilakukan verifikasi faktual,” jelasnya.

Fery bilang, untuk kesimpulan sementara, dengan jumlah dukungan perbaikan yang dinyatakan MS sebanyak 45.277, apabila ditambahkan yang data simpanan pada tahap pertama yang MS sebanyak 25.017 maka yang bersangkutan dinyatakan lolos, sebab totalnya 70.294 dukungan.

“Tetapi untuk sementara ini statusnya harus bisa disebutkan dilanjutkan menuju Verifikasi Faktual, yang akan dimulai pada 8 Agustus mendatang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ike-Zam dinyatakan memenuhi batas minimal dukungan dalam tahapan perbaikan pada Selasa (28/7). Dalam tahapan itu, jumlah dokumen perbaikan 54.450 yang diserahkan, ada 52.658 dukungan yang dinyatakan lengkap. Sementara saat dihubungi, Dang Ike belum merespons terkait adanya jumlah dukungan yang belum masuk DPT. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi