oleh

Selama Idul Adha, Kendaraan Masuk Lampung Lewat Tol Naik 68 Persen

RADARLAMPUNG.CO.ID-Libur Idul Adha 1441 H membuat peningkatan jumlah kendaraan yang masuk dan keluar Lampung melalui jalan tol trans Sumatera.

Selaku pengelola, PT Hutama Karya mencatat ada peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di JTTS melalui pintu awal masuk JTTS yaitu Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan mengalami kenaikan hingga 68,75 persen dibandingkan dengan VLL normal pada bulan Juli lalu.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa kenaikan VLL ini diperkirakan akibat banyaknya pengguna jalan tol yang mudik dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra.

“VLL kendaraan yang melintas di JTTS melalui GT Bakauheni Selatan mengalami peningkatan pada H-1 Idul adha 1441 H hingga mencapai total 7.626 kendaraan, meningkat 3.107 kendaraan dibanding seminggu menjelang hari raya Iduladha yaitu pada Jum’at (24/7) dimana VLL nya hanya 4.519 kendraan saja,” beber Aries.

Kemudian, Peningkatan VLL ini cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari normal diluar perayaan Iduladha. Sementara itu, pada hari Minggu (2/8) arus balik kendaraan yang keluar dari pintu keluar tol Bakauheni Selatan menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni mengalami lonjakan VLL yang cukup drastis yakni mencapai 7.008 kendaraan dan mengalami kenaikan hingga 78,28 persen, setelah sebelumnya hanya mencapai 3.931 kendaraan saja.

Meskipun operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelolanya.”Kami mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi