oleh

Kanwil Kemenag Lampung serahkan Sertifikat Halal Pada Tiga Pelaku Usaha

Radarlampung.co.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Ka Kanwil Kemenag) Provinsi Lampung Drs.Juanda Naim, menyerahkan Sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal  Kementerian Agama Republik Indonesia RI (BPJPH Kemenag RI) kepada tiga Pelaku Usaha di Provinsi Lampung, di Bukit Randu Hotel Lampung, Rabu (5/8).

Kakanwil Agama Provinsi Lampung Drs . H. Juanda Naim, M.H, mengapresiasi pemberian Sertifikat Halal pada pelaku usaha di Provinsi Lampung. “Semoga bisa bermanfaat untuk Kemaslahatan umat,” ungkapnya.

Sementara, Dra.Hj.Muliawati Berawi,M.Ag Ketua Satgas Halal Lampung Kanwil Kemenag Lampung menjelaskan, dari 110 perusahaan/pelaku usaha yang sedang di proses Sertifikat Halal. Hari ini, tiga perusahaan/pelaku usaha yang sudah diterbitkan Sertifikat Halal yakni Efrata Snack, PD. Asli Baru dan CV. Garam Alam.

Penertiban sertifikat halal ini, bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman atas ketersedian produk bagi mengkonsumsi produk tersebut bahkan untuk pelaku usaha tersendiri juga akan meningkatkan nilai tambah.

“Dalam pelaksanaannya kita tetap ada keterkaitan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH),  Majelis Ulama Indonesia (MUI), LPPOM MUI Lampung dan  lembaga sertifikat lainnya,” ujarnya.

Terpisah, Ketua MUI Lampung, Dr. Khairuddin Tahmid menambahkan, setelah berlakunya UU No 33 tahun 2014 yang melakukan sertifikasi halal, yang dulunya menjadi tupoksi LPPOM MUI, saat ini beralih tupoksi  BPJPH  Kemenag.

“Jadi secara formal yang mengeluarkan sertifikat halal adalah BPJPH Kemenag. LPPOM MUI sebagai Tim Audit dalam pemeriksaan Produk Halal kemudian MUI akan menetapkan Produk Halalnya,”jelas Khairudin, diamini Wakil Direktur LPPOM MUI Lampung Drh.Sugeng Dwi Hastono. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi