oleh

Unila Raih Pembiayaan PKM KT dan PKM GFK

RADARLAMPUNG.CO.ID – Empat mahasiswa Universitas Lampung (Unila) mendapatkan pembiayaan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terkait program kreativitas mahasiswa (PKM) artikel ilmiah (AI), gagasan tertulis (GT), dan gagasan futuristik konstruktif (GFK).

Rohana Sari selaku Kassubag Minat dan Bakat Mahasiswa Unila mengatakan, empat mahasiswa Unila tersebut mendapatkan pembiayaan dengan total seluruhnya Rp14 juta. Saat ini baru PKM AI, PKM GT, dan PKM GFK yang telah keluar hasilnya.

“Sebelumnya, mahasiswa ini mengajukan proposal yang berisikan ide-ide baru yang inovatif. Tiga PKM itu sudah keluar, saat ini tengah menunggu PKM lima bidang,” ungkapnya, Rabu (5/8).

Rohana menuturkan, PKM lima bidang yang meliputi PKM bidang penelitian, PKM bidang kewirausahaan, PKM bidang pengabdian kepada masyarakat, PKM bidang penerapan teknologi, dan PKM bidang Karsa Cipta tengah menunggu hasil pengumumannya.

“Kalau PKM yang lima bidang kita masih menunggu hasilnya,” imbuhnya.

Sementara, Madi Hartono selaku tim pendamping bidang kemahasiswaan menambahkan, proses mendapatkan pembiayaan dari pusat guna mengembangkan ide kreatif dan inovasi mahasiswa yang diwujudkan dalam program PKM tersebut, mahasiswa harus mengirimkan proposal tentang ide kreatif dan inovasi sesuai dengan bidang yang diminati ke Belmawa untuk diseleksi.

Setelah itu, jika mahasiswa mendapatkan pembiayaan, mahasiswa mengembangkan isi atau kegiatan yang telah direncanakan dalam proposal tersebut.

“Nanti pihak universitas akan melakukan monev internal dan penguatan-penguatan untuk menghadapi monev eksternal dari pusat. Karena kelanjutan dari PKM ini ada pekan ilmiah mahasiswa yang paling bergengsi. Oleh karena itu, monev internal ini sangat penting, agar bisa lolos ke PIM nasional,” katanya.

Kegiatan PKM dan PIM nasional ini menjadi salah satu indikator penilaian prestasi Belmawa pada pemeringkatan sistem informasi manajemen pemeringkatan kemahasiswaan (Simkatmawa). Tahun lalu, Unila berada di peringkat 33.

“Banyak indikator penilaian untuk Simkatmawa, selain dari lomba yag diselenggarakan Belmawa, juga ada prestasi lainnya. Unila sudah menginput 224 prestasi selama tahun 2019 untuk penilaian di 2020,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi