oleh

Untuk Masuk Unila, Kini Jalur Prestasi Khusus Bidang Keagamaan Bertambah!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jalur mandiri Universitas Lampung (Unila) prestasi khusus bidang keagamaan tidak hanya untuk hafidz quran. Tetapi juga juara MTQ. Ada juga tambahan untuk juara paduan suara gerejawi. Serta juara dharma wacana.

Ya, Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru Unila M. Komarudin mengatakan, syarat mendaftar jalur prestasi khusus bidang keagamaan, antara lain hafiz quran minimal 5 juz. Atau, hafidz kitab Alfiyyah Ibnu Malik: minimal 500 bait, serta mampu membaca kitab Fathul Qorib dengan benar.

Kemudian, juara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) atau Seleksi Tilawatil Quran (STQ) minimal juara satu tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). Dibuktikan dengan piagam, sertifikat, ataupun surat keputusan yang dilegalisir pihak yang berwenang.

Kemudian –yang teranyar– ada prestasi minimal juara satu tingkat provinsi pada pesta paduan suara gerejawi (Pesparawi) dalam kejuaraan tingkat provinsi, regional, atau nasional. “Serta juara satu tingkat provinsi pada dharma wacana kejuaraan tingkat provinsi, regional, atau nasional,” jelas Komarudin, Kamis (6/8).

Ia menerangkan, peserta bisa mendaftar secara online pada laman http://admisi.unila.ac.id. Peserta boleh mengusulkan dua program studi lintas fakultas sesuai jurusan asal Sekolah.

Untuk jurusan IPA boleh memilih Saintek dan Soshum. Sedangkan jurusan IPS hanya Soshum.

Peserta wajib mengirimkan berkas pendaftaran yang diminta. Bisa menggunakan pos atau ekspedisi. Yang pasti: sebelum 10 Agustus.

Selain itu juga, prestasi khusus diperuntukkan kepada calon peserta yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, dan seni.

Kalau olahraga, kejuaraannya merupakan event resmi yang diselenggarakan induk Organisasi olah raga atau KONI. ” Dibuktikan dengan surat rekomendasi,” katanya.

Untuk diketahui, Unila membuka tiga jalur mandiri: SMMPTN-Barat, jalur prestasi khusus, dan jalur PMPAP. Jalur-jalur tersebut diperuntukkan bagi peserta yang berasal dari keluarga tidak mampu tapi berkemampuan secara akademik. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi