oleh

Jadikan Cagar Budaya, DPD KNPI Dorong Pemprov Ambil Alih Gedung Daswati

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Bandarlampung bersama Cipayung mendorong Pemerintah Provinsi Lampung segera mengambil langkah konkrit untuk mengambil alih Gedung Daswati menjadi milik Provinsi Lampung.

Ketua DPD KNPI Kota Bandarlampung, Iqbal Ardiansyah mengatakan, hal itu untuk menyambut aspirasi dari masyarakat dan para penggiat budaya khususnya di Provinsi Lampung, terkait salah satu simbol sejarah di Provinsi Lampung yakni Gedung Bersejarah Daswati. “Kami siap mendukung dan mendorong gerakan yang dibangun,” katanya kepada Radar Lampung, Jumat (7/8).

Menurutnya, KNPI Kota Bandarlampung atas nama pemuda mendukung dan akan mendorong Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengambil alih aset sejarah di Lampung tersebut. “Yang namanya tempat bersejarah harus kita jaga, harus kita rawat, dan bukan malah di sia-siakan, jadi terkesan kita menjadi apatis terhadap sejarah,” ujarnya.

Ia juga meminta Pemerintah Provinsi Lampung untuk melakukan tindakan tegas upaya menyelamatkan sebuah simbol sejarah yang penting di Provinsi Lampung ini. “Kalau sampai Gedung Daswati itu tidak dapat di ambil alih oleh Pemprov Lampung dan kemudian rawat, maka ini akan menjadi sejarah juga, Sejarah buruk dimana Pemerintah tidak mampu menjaga, mempertahankan, dan merawat sejarah,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap ketika gedung Daswita diambil alih Pemerintah Provinsi Lampung, maka akan dijadikan sebagai cagar budaya lampung, “Kalau tidak, ya kami pastikan ini akan menjadi cacatan sejarah buruk di Pemerintahan Provinsi Lampung saat ini,” tandasnya.

Iqbal juga minta kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, tokoh budaya dan tokoh pemuda untuk mendukung gerakan pemuda itu dalam mempertahankan daswati menjadi cagar budaya Lampung. (apr/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi