oleh

Begini Rencana Pembentukan Dua BUMD Baru di Pemprov Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemprov Lampung berencana membentuk dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di  bidang infrastruktur dan pariwisata.

Karo Perekonomian Provinsi Lampung Elvira Umihani mengatakan, sebelumnya sudah ada dua BUMD dan satu anak perusahaannya mulai PT Wahana Rahardja, PT Lampung Jasa Utama, dan PT Lampung Energi Berjaya, Pemprov berencana membentuk dua BUMD di bidang pariwisata dan Infrastruktur.

Namun saat ini proses pembentukan dua BUMD ini masih dalam kajian. “Masih dalam proses kajian, kalau sudah kita akan kirimkan kajiannya ke Kemendagri untuk mendapatkan rekomendasi, masih ada tahapan proses ya,” beber Elvira.

Lebih lanjut, di dalam kajian BUMD akan dikaji mulai bisnis yang akan difokuskan seperti apa. Termasuk penyertaan modal nantinya.

“Karena kalau pariwisata kan terkait rencana pengembangan kawasan pariwisata di Bakauheni, ada beberapa aspek yang bisa dimanfaatkan untuk pariwisata,” bebernya.

Elvira menyebut, pembentukan BUMD ini menyontoh provinsi lain yang telah berhasil. Di sektor pariwisata misalnya, sudah ada Provinsi Jawa Barat yang berhasil mengembangkan BUMD sektor pariwisata.

Begitu pula BUMD yang akan dibentuk di sektor infrastruktur. Dengan melihat keberhasilan BUMD di DKI Jakarta.

“Jadi DKI memiliki BUMD jasa konstruksi, bahkan perannya seperti swasta beneran. Malah bisa mengambil pekerjaan dari provinsi lain, negara lain. Maka kita bisa memulai dengan penyediaan sarana perumahan untuk masyarakat yang membutuhkan, bisa juga di bidang jasa konstruksi. Memang kami mencontohkan yang sudah berhasil,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi