oleh

Catat, Realisasi BLT Tahap II Tunggu Dana Desa Cair

RADARLAMPUNG.CO.ID-Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD tahap II untuk periode Juli- Agustus- September akan direalisasikan setelah Dana Desa tahap III cair.

“Saat ini kita lagi menunggu hasil musyawarah desa di seluruh desa untuk realisasi pencairan BLT DD tahap dua,”ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pesawaran Zuriadi melalui Kepala Bidang Keuangan Aset dan Pembangunan Desa Dinas PMD Pesawaran Al Ihsan Iskafi, Minggu (9/8).

Dikatakan, jika pencairan DD tahap pertama dengan penerima manfaat sekitar 17 ribu KK lebih di seluruh Pesawaran menerima sebesar Rp 600 ribu per KK selama 3 bulan. Maka pada realisasi BLT DD tahap II ini akan menerima sebesar Rp 300 ribu per KK setiap bulan selama 3 bulan.

“Namun kita masih menunggu laporan musdes apakah anggaran dana desa masih mencukupi untuk mencover itu. Jika memang kurang, maka dikurangi jumlah penerima melalui mekanisme musdes,”ucapnya.

Menurutnya, data penerima BLT DD harus diverifikasi lagi. Mengingat kemungkinan warga ada yang meninggal atau pindah. Kalaupun anggaran tidak cukup, maka pengurangan penerima BLT harus diputuskan melalui musyawarah desa.

“Kita minta agar desa secepatnya menyerahkan data hasil musdes pada Agustus ini. Karena diperkirakan pencairan DD tahap III paling lambat cair pada Oktober nanti,”pungkasnya. (ozi/wdi)

Komentar

Rekomendasi