oleh

Mahasiswa PPG Terima Pendalaman Materi Secara Daring

RADARLAMPUNG.CO.ID – Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) angkatan I telah diterima dan telah melaksanakan orientasi akademik.

Rektor Unila Prof Karomani berpesan, kompetensi yang harus dimiliki seorang guru seperti yang tertuang dalam Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

“Pada kompetensi pedagogik, seorang guru harus memiliki kompetensi mengajar dan mendidik,” katanya, Minggu (9/8).

Dikatakannya, profesi tenaga pendidik bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan melainkan menjadi role model. Sehingga, kemampuan menyajikan materi pendidikan di dalam kelas secara menarik dan tidak membosankan merupakan hal terpenting bagi guru.

Pada kompetensi kepribadian, lanjutnya, seorang guru dituntut berkepribadian dan berkarakter baik sebagaimana tujuan pendidikan tinggi yang paling awal yaitu, menciptakan manusia beriman dan berakhlak.

Selain itu, guru harus miliki kemampuan membangun relasi sosial yang baik karena guru merupakan sosok yang digugu dan ditiru di lingkungan manapun ia berada. Terakhir, kompetensi profesional harus dimiliki, karena selain memiliki kemampuan guru juga harus menguasai betul apa yang ingin disampaikan.

“Mudah-mudahan, PPG dalam jabatan ini nanti bisa menciptakan guru yang profesional, berkarakter, berkepribadian dan memiliki kompetensi sosial,” ujarnya.

Dekan FKIP Unila Prof Patuan Raja melalui Wakil Dekan I Dr Sunyono mengatakan, mahasiswa PPG tersebut nanti akan menerima materi secara daring hingga November, dan harus menyelesaikan 12 SKS.

“Mulai senin besok, akan belajar di bawah bimbingan para dosen, selama 12 hari melakukan pendalaman materi pedagogik, dilanjutkan dengan pendalaman materi profesional yaitu bidang studi sekitar 18 hari, dan seterusnya,” ujarnya melalui telepon.

Untuk diketahui, sebanyak 142 mahasiswa PPG dalam jabatan terdiri dari 79 orang guru kelas SD dan 63 orang Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan uraian 79 orang laki-laki dan 63 orang perempuan.

Sedangkan, fasilitator yang terlibat dalam PPG dalam jabatan angkatan pertama ini berjumlah 55 orang dengan rincian 30 orang dosen dan 25 orang guru pamong. (rur/rls/sur)

Komentar

Rekomendasi