oleh

Jubir Covid-19 Lampung Benarkan Wabup Waykanan Jalani Isolasi

RADARLAMPUNG.CO.ID-Juru bicara satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana membenarkan informasi Wakil Bupati Waykanan, Edward Antoni dan dua pejabat lainnya terkonfirmasi Covid-19.

Hal ini disampaikan Reihana dalam rilisnya Senin (10/8) di posko satuan tugas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung. “Iya ada seorang pejabat publik konfirmasi positif Covid-19 dan sedang isolasi di RS Pemerintah di Lampung. Kondisi sekarang sedang perawatan dengan keluhan sesak nafas, pasien juga memiliki kormobit usia tua dan ada penyakit penyerta lain,” beber Reihana.

Edward yang tercatat di data satgas penanganan Covid-19 Provinsi Lampung menjadi pasien ke 310 ini tercatat memiliki riwayat perjalanan dari DKI Jakarta. “Riwayat perjalanan dari Jakarta dan beberapa hari beliau sering pulang pergi ke Jakarta,” lanjutnya.

Dari informasi pasien yang mengeluh sesak nafas ini kemudian dilanjutkan rapid tes hasil reaktif dan dilanjutkan dengan swab tes dengan hasil positif Covid-19.

“Kemudian dilakukan trasing kepada 30 orang dan didapati ada enam orang tambahan konfirmasi positif Covid-19 dengan pasien konfirmasi orang tanpa gejala dan sekarang semuanya sedang isolasi di RSBNH. Ke enamnya tidak da keluarga, namun pegawai,” lanjutnya.

Saat ditanyai apakah ke enam pasien terkonfirmasi termasuk dua pejabat publik, Asisten II Pemkab Waykanan Kussarwono dan Kadis BMPTSP Kusuma Anakori. Reihana membenarkan. “Saya tidak melihat jabatan seseorang karena siapa yang terkonfirmasi dan memang ada pejabat publik dua orang,” tambahnya.

Dia melanjutkan, Rapid tes akan juga digelar di Waykanan. Sehingga nantinya akan dilakukan trasing snow ball jadi ada yang positif tracing.

Selain itu, Keluarga Wabup Waykanan disebut Reihana seluruhnya negatif Covid-19. Termasuk, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya dan istri. “Pak Bupati dan istri juga sudah di swab dan hasilnya negatif,” tambahnya.

Untuk diketahui, kasus konfirmasi Covid-19 di provinsi Lampung sampai dengan tanggal 10 Agustus 2020 penambahan kasus konfirmasi 9 orang yaitu 1 orang dari Bandarlampung, 1 orang dari Lampung Tengah 7 orang dari Waykanan.

Untuk penambahan pasien nomor 308 seorang perempuan dari Bandarlampung,  merupakan hasil racing dari pasien nomor 305 terkonfirmasi positif covid 19 pada 8 Agustus 2020. Saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Selanjutnya pasien 309, laki-laki 40 tahun dari Lampung Tengah mempunyai riwayat perjalanan pulang dari Pekanbaru dan saat ini tidak ada keluhan sedang menjalani isolasi mandiri.

“Pasien 310, laki-laki 60 tahun dari Waykanan merupakan perjalanan dari Jakarta kondisi saat ini sedang mengalami perawatan di ruang isolasi salah satu rumah sakit pemerintah di provinsi Lampung.  Dan pasien nomor 311 sampai dengan 316 dari Waykanan merupakan hasil testing dari pasien nomor 310. Saat ini kondisinya semuanya dalam keadaan tanpa gejala atau asimtomatis dan sedang menjalani isolasi mandiri d RSBNH,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi