oleh

Sambut HUT RI di Tengah Pandemi, Camat Tumijajar Tak Anjurkan Gelar Kegiatan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Camat Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menghimbau seluruh pemerintah tiyuh di daerah itu untuk mempertimbangkan segi keamanan dan potensi resiko sebelum melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-75. Sebab, peringatan hari kemerdekaan tahun ini berada di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua pihak untuk tetap waspada.

“Memang ada beberapa tiyuh yang laporan ke kecamatan bahwa di tiyuh mereka akan menggelar kegiatan HUT RI. Tapi,  kami dari pemerintah kecamatan dalam hal ini tidak menganjurkan pemerintah tiyuh di wilayah ini untuk melaksanakannya,”ungkap Rasyid, SE, Camat Tumijajar, di ruang kerjanya, Senin (10/8) sore.

Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini, segala bentuk kerumunan memang sebisa mungkin harus dihindari. Sebab, lanjutnya,adaptasi kebiasaan baru atau New Normal yang mulai diberlakukan saat ini bukan berarti bebas melakukan segala kegiatan tanpa memperhatikan protokol kesehatan. New Normal harus dipahami sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

“Artinya, asalkan protokol kesehatan diberlakukan dengan ketat, sebenarnya boleh saja melaksanakan kegiatan. Tapi, untuk kegiatan yang bakal menimbulkan kerumunan dan sulit terpantau penerapan protokol kesehatannya kami sarankan untuk tidak dilaksanakan. Contoh, kompetisi sepak bola antar RK dan kegiatan-kegiatan lainnya,”ulas Rasyid.

Pemerintah tiyuh, lanjutnya, harus mempertimbangkan segala kemungkinan yang dapat terjadi di tengah pandemi Covid-19 ini, terutama dalam hal potensi penyebaran virus tersebut.”Kami  berharap, hal ini juga dapat disampaikan oleh pemerintah tiyuh kepada masyarakat. Sebab, setiap momentum HUT RI, masyarakat sampai di tingkat RT biasanya sangat semangat mengadakan kegiatan perlombaan,”tandasnya.

Meski tidak menganjurkan pelaksanaan kegiatan HUT RI, Rasyid tegap menghimbau seluruh masyarakat agar memasang bendera Merah Putih di depan rumahnya selama satu bulan penuh di bulan Agustus ini, termasuk umbul-umbul.”Hal ini sudah kami sampaikan kepada pemerintah tiyuh dan saya berharap dapat dilaksanakan dengan baik di seluruh tiyuh,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi