oleh

Empat Cabor Khusus Digenjot Jelang Pelatnas Sea Games

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung bakal memulai lebih dahulu pemusatan latihan atau training center (TC) bagi cabang olahraga (cabor) khusus. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan dan Sport Science KONI Lampung Frans Nurseto.

TC bagi cabor khusus ini di antaranya menembak, senam, karate, tinju, dan tarung derajat. TC cabor ini dimulai lebih dahulu dari cabor lain yang diperkirakan mulai Maret 2021 untuk persiapan PON.

“Ya jadi mereka lebih dahulu kita siapkan TC-nya. September nanti. Karena cabor ini potensi masuk pelatnas, kecuali tarung derajat yang tidak dipertandingkan di SEA Games,” terang Frans ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (12/8) kemarin.

Lantas apa alasan cabor khusus ini memulai TC lebih dahulu? Frans menjelaskan, ada sekitar 18 atlet Lampung yang dipanggil ke pelatihan nasional (pelatnas) untuk membela Indonesia di SEA Games 2021.

“Jadi kita siapkan fisik mereka. Supaya waktu dipanggil pelatnas Januari atau Maret tahun depan, kondisi mereka baik. Kalau tidak baik bagaimana? Bisa dipulangkan dari pelatnas. Rugi kita,” jelasnya.

Kerugian itu bisa saja terjadi karena jika para atlet Lampung tidak lolos seleksi pelatnas, maka tidak mendapatkan fasilitas latihan kelas wahid.

“Kan di pelatnas fasilitas dan programnya nomor satu. Nah, jika mereka masuk pelatnas dan kemudian bertanding di PON membela Lampung kan otomatis peluang (dapat emas) semakin besar,” ujar pria bergelar Doktor ini.

Bicara pelatnas, Sutjiati Kelanaritma Narendra atlet senam ritmik mengaku sudah dipanggil PB Persani untuk masuk ke pelatnas.

“Kapan jadwalnya saya belum tahu, tapi saya sudah mendapat undangan ke pelatnas SEA Games Vietnam,” ujarnya kepada Radar Lampung. Dia mengaku sedang mempersiapkan diri agar lolos dan membela timnas senam ritmik putri. (nca/sur)

Komentar

Rekomendasi