oleh

Era New Normal, Daihatsu Beri Program Kemerdekaan

radarlampung.co.id – Era new normal atau kebiasaan baru yang mulai diterapkan saat ini diharapkan dapat sedikit mendongkrak dunia usaha. Bukan hanya di bidang pariwisata, perhotelan, ataupun UMKM yang terkena dampak paling besar dari pandemi COVID-19. Namun juga bidang otomotif.

Momen ini juga dimanfaatkan PT Astra Daihatsu Lampung cabang Ahmad Yani untuk mulai bangkit. Era new normal yang mulai dilakukan ini juga diakui membuat dealer resmi mobil Daihatsu di Lampung ini mulai mengalami peningkatan tren penjualan di masa pandemi COVID-19.

Branch Manager PT Astra Daihatsu Lampung Ahmad Yani, Andrianto mengatakan setelah, selama masa pandemi global COVID-19, pihkanya sempat mengalami penurunan tajam dari segi penjualan. Yakni hingga 80 persen pada Mei 2020, namun penjualan tersebut mulai mengalami peningkatan di Juni 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun, di bulan Maret 2020 angka penjualan mobil Daihatsu tembus hingga 245 unit. Sementara pada bulan Mei 2020 menurun tajam hingga 107 unit. “Setelah adanya kebijakan pemerintah terkait new normal, tren penjualan mulai membaik dan mengalami peningkatan menjadi 155 unit,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, penurunan penjualan sendiri terjadi lantaran banyaknya masyarakat yang masih menunda rencana mereka untuk membeli mobil dan lebih mendahulukan kebutuhan primer lainnya. “Memasuki era kebiasaan baru, aktivitas ekonomi perlahan mulai bergerak dan berdampak juga pada tren penjualan,” tambahnya.

Dia menambahkan, selama masa pandemi COVID-19, Daihatsu juga telah melakukan beragam upaya agar kinerja mereka tetap produktif. Mulai dari faktor penguatan internal, tidak melakukan pengurangan karyawan, dan mengubah strategi dengan menciptakan improvisasi pada beberapa.

“Untuk menjaga kenyaman konsumen, Daihatsu juga menerapkan protokol kesehatan. Kami juga menbagi jumlah karyawan yang datang secara terjadwal sehingga delaer tidak terlalu ramai,” katanya.

Sementara itu, dari sisi eksternal, khususnya stratgei dari sisi marketing. Daihatsu berusaha mengimbangi antara kontak langsung dengan konsumen dan penjualan online melalui event webinar atau gathering online.

“Dalam sesi online seperti webinar juga tidak hanya selalu untuk menjual mobil, tetapi kami juga sharing bincang ringan terkait tips kesehatan dan financial ditengah kondisi pandemi,” tambahnya.

Di samping itu, Daihatsu juga terus berusaha untuk memaksimalkan program Daihatsu Mobile Service memudahkan konsumen service di rumah atau kantor. Adapula program modifikasi cicilan agar lebih ringan dan serta program kedepan berupa kemudahan membeli spartpart melalui platfrom e-commerce.

“Selain menerapkan beragam strategi menghadapi pandemi COVID-19, Daihatsu juga memberikan promo Service Merdeka selama bulan Agustus 2020. Promo yang diberikan antara lain 17 persen diskon jasa, 8 persen diskon sparepart dan 20 persen diskon oli,” tandasnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program promo maupun booking service, konsumen dapat menghubungi langsung melalui nomor 0721269000, 081363110374 atau melalui media sosial Instagram di @astradaihatsu_lampungofficial. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi