oleh

Disdik Gencar Berikan Bimtek ke Operator SD

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung menyosialisasikan aplikasi data pokok pendidikan (Dapodik) terbaru kepada seluruh Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kota Tapis Berseri. Pemberian bimbingan teknis kepada operator dilakukan secara bertahap kurang lebih selama 5 hari, dengan menetapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Disdikbud Bandarlampung melalui Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi Syukri mengatakan, Dapodik merupakan sumber data utama pendidikan nasional dengan sistem pendataan secara terpadu.

“Dapodik ini jantungnya data. Semua data terkait pendidikan itu ada di Dapodik,” katanya, Kamis (13/8).

Dengan adanya aplikasi Dapodik versi baru tersebut, lanjutnya, pihaknya menyosialisasikan dan memberikan bimbingan teknis kepada seluruh operator dan juga kepala sekolah dasar.

“Karena cut off data pada semester I tahun pelajaran ini paling lambat 31 Agustus. Untuk itu perlu dilakukan bimtek, dan ini sudah berjalan 4 hari,” ucapnya.

Ia menuturkan, sosialisasi dan bimtek tersebut, dilakukan selama beberapa hari, yang dibagi per kordinator wilayah. Dengan peserta maksimal 50 orang. Ia juga menegaskan, apabila sudah waktunya untuk melakukan kegiatan belajar mengajar tatap muka, harus mengutamakan protokol kesehatan.

“Apapun kebijakan dari pemerintah kota, baik tetap daring atau tatap muka, prinsipnya Disdikbud dan sekolah sudah siap,” tukasnya.

Sementara, Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Supriatin, mengatakan, setiap semester, aplikasi Dapodik selalu ada perubahan. Seperti penambahan fitur, spek laptopnya pun menggunakan windows 10, dan untuk aplikasi terbaru ini, adanya penggabungan manajemen Dapodik di bidang Dikdasmen.

“Kalau sebelumnya itu, misalkan Dapodik Paud, itu terpisah. Kalau sekarang Dapodiknya menyatu. Jadi kita perlu sosialisasikan untuk pemutakhiran data dapodik,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi