oleh

Mantan Bupati Tanggamus Positif Covid-19, Gugus Tugas Periksa 104 Orang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus bergerak menindaklanjuti kondisi mantan Bupati Bambang Kurniawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, pihaknya telah memeriksa 104 spesimen.

“Pemeriksaan kita lakukan dengan dua metode,” kata Eka Priyanto dalam konferensi pers, Sabtu (15/8).

Pertemuan di Sekretariat  tersebut dihadiri Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kantor BPBD ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Sekretaris Dinas Kominfo Darius Putrawan, Kepala Bidang BPBD Edi Nugroho serta pejabat lainnya.

Eka menuturkan, pemeriksaan dilakukan dengan metode RT-PCR sebanyak 54 orang dan RDT 50 orang.

“Langkah-langkah Ini dilakukan sebagai bagian dari tindak lanjut tim Gugus Tugas setelah ditemukan kasus 04,” urainya.

Dilanjutkan, pada Rabu (12/8) dan Jumat (14/8), dilakukan RDT dibrunah dinas bupati sebanyak 10 orang. Kemudian kediaman wakil bupati sebanyak 18 orang, protokol pemda 22 orang. Dari 50 orang yang menjalani RDT, hasilnya non reaktif.

Selanjutnya, tanggal 10-12 Agustus dilakukan tracking di lingkungan Pemkab Tanggamus terhadap kontak erat, sekaligus PCR sebanyak 17 orang. Hasilnya negatif.

“Lalu tanggal 11 dan 12 Agustus, di rumah pasien 04 di Bandarlampung. Dilakukan tracing terhadap mereka yang kontak erat dengan pemeriksaan PCR sebanyak 21 orang,” sebut dia.

Hasil laboratorium metode RT-PCR coronavirus yang dilakukan Labkesda Lampung, 15 orang negatif dan enam orang dengan hasil positif. “Lima kasus masuk Bandarlampung dan satu Lampung Selatan,” papar Eka.

Langkah tracing terus dilakukan. Tanggal 13 dan 14 Agustus 2020 di Kotaagung dengan pemeriksaan PCR sebanyak 16 orang.

Hasil swab dikirim ke laboratorium  Labkesda Lampung. kami masih menunggu hasilnya,” kata dia.

Selain berbagai langkah tersebut, tim juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di komplek kantor pemkab. Berkoordinasi dengan petugas surveilan Bandarlampung dan Lampung Selatan.

Atas kondisi tersebut, maka perkembangan pemantauan Covid-19 Tanggamus sampai dengan hari ini, warga dipanta atau pelaku perjalanan sebanyak 16.874 orang.

Terkonfirmasi Covid-19 sebanyak empat orang. Dari empat orang tersebut, dua selesai diisolasi, satu dirawat dan satu meninggal,” bebernya. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi