oleh

PLTS Itera Rampung Oktober

RADARLAMPUNG.CO.ID – Institut Teknologi Sumatera (Itera) memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lahan seluas 1 ha di kawasan kampus Itera. PLTS tersebut akan menghasilkan energi listrik sebesar 1 Mega Wattpeak (MWp) dan akan menjadi PLTS terbesar di Indonesia yang dibangun di lingkungan kampus sekaligus sebagai laboratorium energi terbarukan.

Rektor Itera Prof Ofyar Z. Tamin mengatakan, Itera yang memiliki misi untuk menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Sumatera, tentunya harus terus berinovasi untuk menjadi etalase perkembangan teknologi di Sumatera, termasuk teknologi bidang energi terbarukan.

“Kami mencoba menjadi pelopor dan role model dalam pengembangan energi terbarukan yakni dengan memanfaatkan solar cell dan menjadi kampus yang mandiri di bidang energi,”katanya, Sabtu (15/8).

Dijelaskannya, inovasi juga bisa berkolaborasi dengan stakeholder terkait, seperti pembangunan PLTS tersebut bekolaborasi dengan PT Wijaya Karya, dan PT SUN, untuk bisa membangun PLTS terbesar di kampus, tanpa harus mengeluarkan dana.

Namun, lanjutnya, dari PLTS yang dibangun, Itera dapat memanfaatkan listrik yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Itera, dan menjadikan PLTS tersebut sebagai laboratorium pembelajaran tidak hanya untuk mahasiswa dan dosen Itera, tetapi juga berbagai pihak yang ingin mengembangkan energi terbarukan.

“Silahkan belajar dari Itera, PLTS ini nantinya menjadi laboratorium yang terbuka bagi sapapun yang ingin belajar bagaimana mengembangkan energi terbarukan,”ungkapnya.

Ia menambahkan, pembangunan PLTS tersebut ditargetkan selesai pada Oktober 2020 mendatang. Dengan nilai investasi mencapai Rp 15 miliar tersebut, diharapkan Itera akan menjadi kampus mandiri energi dan tidak bergantung lagi dengan pasokan listrik dari PLN.

Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Tbk) Harun Ahmad Zuhdi, menyampaikan rasa bangga dengan dideklarasikannya Itera sebagai kampus yang mendukung ramah energi dengan membangun PLTS berkapasitas 1Mwp. Sebagai bangsa Indonesia, tentunya memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar, mulai dari energi surya, geotermal dan lainnya.

“Kami sangat bangga bisa membangun PLTS ini di ITERA. Misi kami adalah mendorong agar pembangunan energi terbarukan ini bisa menggugah semua mata, bahwa kampus yang baru berusia enam tahun sudah bisa melakukan lompatan luar biasa dalam pengembangan energi terbarukan. Dan juga mendorong para pemimpin untuk mengembangkan energi terbarukan di masa yang akan datang,”ujar Harun. (rur/yud)

Komentar

Rekomendasi