oleh

Ingin Senpi Dinas, Polisi Harus Tes Psikologi Dulu

RADARLAMPUNG.CO.ID – Memegang senjata api (senpi) dinas bagi aparat kepolisian tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Ada berbagai tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah mengikuti tes psikologi.

Seperti yang dilakukan oleh 130 personel Polres Tulangbawang dan Polsek jajaran. Mereka harus mengikuti tes psikologi secara kolektif yang diadakan tim Bagian Psikologi Biro SDM Polda Lampung.

Tidak hanya bagi personel baru yang ingin memegang senpi dinas. Ternyata personel yang sudah memegang ataupun akan mengajukan pinjam pakai senjata api (senpi) dinas organik Polri juga harus mengikuti tes psikologi ini.

“Tes ini rutin dilakukan setiap tahunnya,” kata Kabag Sumda Kompol Wahyu Andi Saputra mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP Andy Siswantoro, Rabu (19/8).

Hasil tes psikologi ini nantinya akan menjadi acuan untuk diberikan atau tidaknya pinjam pakai senpi dinas organik.

Apabila hasil tesnya memenuhi syarat (MS), personel tersebut akan diberikan izin untuk pinjam pakai senpi dinas. Namun jika hasil tesnya tidak memenuhi syarat (TMS), personel tidak akan mendapatkan izin.

“Tes psikologi ini merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar-tawar lagi oleh semua personel Polri yang sudah memegang ataupun hendak melakukan pinjam pakai senpi dinas organik,” tandasnya. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi