oleh

Menteri ATR/BPN Targetkan Permasalahan Lahan Jalan Tol Selesai 2022

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil memastikan permasalahan tanah terkait jalan Tol akan selesai tahun 2022.

Menurutnya, pihaknya mendapat informasi adanya kendala dalam permasalahan pembebasan jalan tol, sehingga kehadirannya di Lampung, untuk melakukan video Conference kepada seluruh kepala BPN se Sumatera agar permasalahan sertifikat tanah jalan tol selesai sampai 2022.

“Jadi, seluruh jalan tol yang telah dibangun, sertifikatnya kita selesaikan. Jadi, jika ada tagihan-tagihan dari badan usaha jalan tol yang belum dibayar, bisa dibayarkan. Supaya sertifikat jalan tol bisa segera diterbitkan,” ungkap Sofyan Djalil, saat menyambangi kantor bpn bandarlampung, Rabu (19/8).

Dia menjelaskan, pemerintah pusat, menargetkan pembangunan jalan tol dari Bakauheni sampai Aceh akan selesai sampai tahun 2024. Namun, permasalahan legalitas tanahnya, dirinya menargetkan akan selesai pada tahun 2022.

“Makanya saya minta kepada Kepala BPN se Sumatera untuk memastikan permasalahan lahan jalan tol selesai ditahun 2022. Jadi Insyaallah akhir tahun 2022, lahan jalan tol tidak ada permasalahan,” ujarnya.

Selain memastikan permasalahan sertifikat lahan jalan tol, kedatangannya ke Propinsi Lampung juga untuk membagikan serifikat tanah dalam program Redistribusi. Dimana, ada sekitar 4.000 bidang yang dibagikan. Wilayahnya, di Lampung Timur dan Pringsewu.

“Tadi juga kami menyerahkan sertifikat jalan tol yang sudah jadi, ada sekitar 69 bidang sertifikat jalan tol yang diserahkan,” ucapnya.

Terkait PTSL di propinsi Lampung, sambung Sofyan, Kementerian ATR/BPN memberikan 107.000 bidang tanah untuk kabupaten/Kota Se Lampung. “Tahun depan kalau memang masih banyak yang belum memiliki sertifikat tanah, akan kita tambah lagi. Sampai saat ini, permintaan PTSL secara nasional ada sekitar 126 juta bidang tanah. Akhir tahun ini sudah kita daftarkan sekitar 82 Juta bidang tanah,” bebernya. (rls/apr/yud)

Komentar

Rekomendasi