oleh

Hasil Coklit Data Pemilih Lamtim Masih Diinput Sidalih

RADARLAMPUNG.CO.ID-Hasil pemutakhiran data pemilih untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Lampung Timur 9 Desember 2020 masih dalam tahap rekapitulasi.

Komisioner KPU Lamtim Divisi Program dan Data Wahid Setio Budi menjelaskan, pemutahiran data pemilih melalui pencocokan dan penelitian (Coklit) mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 lalu. Menurutnya, jumlah pemilih A-KWK yg di mutakhirkan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebanyak 814.723.

Dilanjutkan, saat ini hasil coklit masih diinput ke sistem informasi data pemilih (Sidalih). Sedanhkan,  hasil pemutakhiran data pemilih rencananya akan direkapitulasi di tinggkat panitia pemungutan suara (PPS) pada 30 hingga 1 September 2020.

Kemudian, rapat pleno hasil pemutahiran data pemilih di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 2 – 4 September 2020. Sedangkan, rapat pleno pemutakhiran data pemilih di KPU Lamtim direncanakan pada 5 – 14 September 2020. “Hasil dari rapat pleno di tingkat KPU masih berupa daftar pemilih sementara,”jelas Wahid mendampingi Ketua KPU Lamtim Wasiat Jarwo Asmoro,

Diketahui,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Timur menggelar pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih secara serentak.

Komisioner KPU Lampung Timur Divisi Program dan Data M. Wahid Setio Budi menjelaskan,  coklit dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang menggelar pemilihan daerah (Pilkada) 2020. Menurutnya, coklit akan dilaksanakan hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

“Coklit mengacu pada data pendudyk potensial pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Kementrian Dalam Negeri kepada KPU dan disinkronkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu terakhir,”jelas M.Wahid didampingi petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) saat menggelar coklit di Rumah Dinas Bupati Lamtim Zaiful Bokhari, Sabtu (18/7) lalu. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi