oleh

Kasus Covid-19 di Lampung Terus Bertambah, RS Harus Rapid Test Rutin Nakes

RADARLAMPUNG.CO.ID-Jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 di Lampung terus bertambah. Dalam rilis harian covid-19 Provinsi Lampung per Kamis (20/8), terdapat enam kasus baru. Tercatat kasus yang berasal dari tracing pasien sebelumnya dan kasus dengan riwayat perjalanan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan, dengan penambahan enam kasus, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Lampung menjadi 352 kasus. Dengan kematian konfirmasi sebanyak 14 kasus dan selesai isolasi 281 orang.

Reihana mengatakan, penambahan kasus per Kamis ini enam orang. Tiga diantaranya merupakan hasil tracing dari pasien nomor 337, yang juga diketahui seorang tenaga kesehatan di RS Bob Bazar, Lampung Selatan.

Untuk pasien nomor 347, seorang perempuan 24 tahun dari kabupaten Lampung Selatan merupakan hasil dari pasien nomor 337. Kemudian pasien nomor 348 seorang laki-laki 26 tahun juga berasal dari Lampung Selatan, dan pasien bernomor 349 perempuan 25 tahun asal Lampung Selatan. Ketiganya saat ini kondisinya tidak ada gejala dan kini tengah menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Jadi ketiganya memang merupakan hasil tracing ini. Ketiganya juga merupakan tenaga kesehatan. Tapi semuanya asymptomatis atau tanpa gejala, dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri,” beber Reihana.

Dengan adanya kasus ini, Reihana mengatakan telah memperingatkan Direktur RS Bob Bazar untuk rajin melakukan screening pada tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakitnya yang masuk daftar kontak erat dengan pasien.

“Jadi saya memang selalu pesan dengan jajaran dan rumah sakit untuk melakukan screening kepada tenaga kesehatan yang termasuk kontak erat. Dan saya sudah peringati Direktur RS Bob Bazar untuk rajin lakukan screening terhadap nakes-nakes  kontak erat termasuk office boy yang bertugas,” tambahnya.

Selanjutnya pasien nomor 350, seorang laki-laki berusia 58 tahun dari Bandarlampung. Pasien pada tanggal 12 Agustus mengalami keluhan demam, batuk berdahak dan pilek. Kemudian pada tanggal 8 Agustus dibawa ke rumah sakit swasta dengan keluhan sesak nafas. Dan hasil diagnosa nya infeksi paru-paru. Kemudian melakukan pengambilan dan pada tanggal 19 Agustus terkonfirmasi positif Covid-19.  Pasien masih dirawat di rumah sakit swasta di Bandarlampung.

“Pasien 351 seorang perempuan 41 tahun asal Bandarlampung, Pasien merupakan pelaku perjalanan dari Bandarlampung ke Palembang dan kontak dengan keluarga yang ada di Jakarta. Tanggal 7 agustus mengalami gejala batuk sesak dan demam yang tidak sembuh-sembuh. Pada 17 Agustus dibawa ke rumah sakit swasta dan dilakukan swab tes, dan hasilnya positif Covid-19. Saat ini tengah dirawat dirumah sakit pemerintah di Lampung,” lanjutnya.

Kemudian Pasien 352, seorang laki-laki 29 tahun merupakan hasil tracing dari Mantan Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan yang tercatat menjadi pasien ke 318. Pasien nomor 361 konfirmasi positif dari hasil TCM per 19 Agustus, dan saat ini tidak berjalan dan sedang menjalani isolasi di singgah penanganan Covid-19 kabupaten Pringsewu. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi