oleh

Detik-detik Jelang Pleno, Pendukung Ike-Zam Ricuh

RADARLAMPUNG.CO.ID- Setelah berupaya, akhirnya Ike Edwin-Zam Zanariah tetap tidak lolos dalam verifikasi faktual dukungan calon perseorangan untuk Pilwakot Bandarlampung.

Hasil Pleno tingkat Kota, ada 22.847 dukungan yang Memenuhi Syarat (MS). Sementara MS hasil perbaikan 10.264 dukungan. Sementara, syarat minimal 47.864 dukungan. Jika MS awal dan perbaikan digabung, hanya 33.111 yang MS. Artinya, kurang 14.753 dukungan.

Diketahui, saat pleno terbuka di Kecamatan, dari jumlah perbaikan 45.222 dukungan, sebanyak 36.001 dinyatakan TMS. Hanya ada 9.221 yang memenuhi syarat. Dalam verifikasi vaktual pertama, dukungan yang dinyatakan MS hanya sebanyak 22.847 dukungan saja.

Detik-detik menjelang pleno, terjadi kericuhan dari pendukung dang ike yang menilai KPU mengakali Ike-Zam. Sebab, keputusan pleno dibacakan saat sebagian pendukung Ike Zam sedang menunaikan Salat Magrib.

Pembacaan keputusan belum selesai, tiba-tiba pendukung Ike-Zam tidak terima karena sudah dibacakan keputusan hasil pleno. Sempat terjadi penendangan meja dan banting kursi.

Namun, tidak lama kemudian berhasil dilerai oleh pihak kepolisian. Hingga berita ini ditulis polisi masih dalam siaga. Dan belum diketahui keberadaan komisioner dan staf KPU dan Bawaslu Kota Bandarlampung.

Saat itu, Dang Ike langsung memberikan oengarahan dan warning terhadap pendukungnya. “Semua diam, gausah jadi Wali Kota juga enaggak apa-apa. Saya pernah Kapolda. Saya cuma mau mengabdi. Saya pernah kapolda dan mendapat penghargaan pengananan konflik. Jadi enggak usah ribut, ” tandasnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi