oleh

Hanya Empat Kecamatan Tak Disanggah Ike-Zam, KPU Cocokkan Data

RADARLAMPUNG.CO.ID – Rapat Pleno terbuka Verifikasi faktual perbaikan dukungan calon perseorangan masih dilakukan KPU Kota Bandarlampung di Ballroom, Hotel Raddison, Jumat (21/8).  Komisioner KPU Kota Bandarlampung, Ferry Triatmojo menjelaskan, dari hasil pleno di 20 Kecamatan, hanya empat Kecamatan saja yang tidak disanggah oleh Bacaden Ike Edwin-Zam Zanariah.
“Artinya ada 16 Kecamatan yang keberatan atau sanggahan. Ini yang memag layak diterusakan dalam pembahasan di tingkat kota. Sementara, empat Kecamatan yakni, Tanjungkarang Timur, Kemiling, Telukbetung Timur, dan Langkapura tidak dibahas dalam pleno ini,”ucap Fery.

Fery melanjutkan, pihaknya belum melihat data pendukung dari Ike-Zam. Dia bilang, data yang diberikan merupakan masih data rekapan per kecamatan. “Kami belum melihat data pendukungnya, baru menerima rekapan per kecamatan saja. Kami juga belum menerima rekapan per kelurahan, sebab rekapitulasi basisnya data di tingkat kelurahan. Yang diserahkan bacaden masih kecamatan menurut kami itu prediksi atau target yang bisa dicapai tim. Sementara data rekapan PPK, sumbernya dari rekap kelurahan bukan berdasarkan data yang lain. Dalam konteks kesesuaian data maka rekap PPK danggap benar kalau datanya ternyata dari kelurahan,”jelasnya.

Mengenai kesesuaian datanya, Fery bilang, seluruh data tersebut bersumber dari tim pendukung yang dinput melalui SILON. Kemudian diunggah.  “Outputnya adalah pertama pernyataan , rekapitulasi berarti B11 KWK, ketiga B2 KWK atau rekap per kelurahan. Kalau ada data keluarga atau pendukung mengumpulkaan KTP tapi tidak ada di B11KWK berarti secara otomatis, tim pendukung tidak memasukkan ke silon. Karena KPU tidak menambah atau mengurangi jumlah dukungan. KPU hanya memberikan status saja. Terkait dengan sandingannya ini kan masih berproses. Kita sandingkan data yang dimiliki bacaden dan panwas. Jika ada yang tidak sinkron, disandingkan dengan data pendukung, mana yang kuat, itu yang bisa menambah atau mengurangi dukungan,” ucapnya. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi