oleh

Stok Blangko E-KTP Pesawaran Cukup untuk Sebulan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran menjamin ketersediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) yang mencapai 6.000 keping untuk kebutuhan selama 30 hari ke depan

“Ketersediaan blangko KTP elektronik kita cukup untuk satu bulan. Jika nanti stok menipis, kita akan minta lagi ke pusat,” sebut Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Bunyamin mewakili Kadisdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa, Jumat (21/8).

Dikatakan, jumlah data warga yang sudah perekaman dan dikatagorikan print ready record (PRR) atau siap cetak mencapai 136 orang. Namun data tersebut sifatnya bergulir.

“Per hari, rata-rata kita print KTP mencapai sekitar 200 keping. Artinya kalau ketersediaan 6.000 blanko, diperkirakan cukup untuk satu bulan lebih,” sebut dia.

Selain itu, lanjut Bunyamin, seusai arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, bagi warga yang pindah domisili, agar fisik KTP disita oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tempat tujuan pindah.

Pasalnya, jika KTP elektronik tersebut ditarik oleh Disdukcapil kabupaten asal, maka warga yang bersangkutan tidak memiliki identitas lagi

“Untuk menghindari kalau KTP disalahgunakan, ada yang memberikan tanda dengan dibolongi kecil. Tetapi jangan membolongi di bagian NIK. Karena selama warga belum mengurus domisili ke daerah tujuan, masih memerlukan KTP sebagai identitas,” tegasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi