oleh

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Gelar Talkshow Pemasyarakatan Perpustakaan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung menggelar talkshow Kegiatan Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca Tahun 2020 di gedung Pusiban, Senin (24/8).

Kegiatan dengan tema Membangun Masyarakat Cerdas Melalui Budaya Literasi Berbasis Inklusi Sosial ini diikuti 80 peserta.

Sementara narasumber terdiri dari dosen FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi Unila Dra. Ida Nurhaida, MSi.; Sekretaris Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Fitrianita Damhuri, S.STP., dan Ikhsan Aura, S.Sos, seorang penulis.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Ir. Ferynia mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat baca dan pembudayaan kegemaran membaca masyarakat indonesia secara menyeluruh.

Kemudian menyelaraskan pemahaman, pemikiran dan langkah gerak seluruh komponen bangsa dalam gerakan nasional pembudayaan kegemaran membaca.

“Bukan hanya anak sekolah dan mahasiswa. Tujuan kita agar semua kalangan bertambah minat baca-nya. Karena salah satu cara mencerdaskan kehidupan bangsa adalah dengan membaca,” kata dia.

Ferynia berharap kegiatan ini menjadikan perpustakaan menjadi tempat belajar. Bukan hanya untuk anak sekolah dan mahasiswa.

“Harapan saya, perpustakaan menjadi tempat masyarakat untuk belajar. Di sini juga ada WiFi gratis. Para siswa yang sedang belajar bisa memanfaatkannya,” sebut dia.

Sementara ketua panitia Sobriadi menjelaskan, kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, pihaknya bekerjasama dengan beberapa organisasi yang ada di Lampung.

“Untuk mewujudkan itu, kita juga harus kerjasama dengan organisasi profesi pustakawanan, penggiat taman bacaan, penggiat literasi serta pengelola berbagai jenis perpustakaan,” kata Sobri. (dni/ais)

 

Komentar

Rekomendasi