oleh

OAIL Bersama ITB Berikan Pelatihan Astronomi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung International Astronomical Union (IAU) akan kembali menggelar Network of Astronomy for Secondary Education (NASE) Workshop 2020, pada 21 Agustus dan berakhir pada 23 Agustus.

Dr. Hakim Luthfi Malasan,M.Sc., selaku Koordinator IAU NASE 2020 menjelaskan, seiring dengan perkembangan sains, metode pengajaran astronomi mengalami perubahan. Metode baru pendidikan astronomi perlu disosialisasikan kepada para guru dan semua pihak yang berkecimpung dalam pendidikan astronomi di tingkat dasar dan menengah.

Untuk itu OAIL,  bersama KK Astronomi ITB dan UAI kembali mengadakan NASE. Guna memberikan materi kepada guru pembina olimpiade dan komunitas astronomi.

“Selain workshop, NASE 2020 juga diisi dengan perkuliahan dan working group, sehingga kegiatan ini bersifat teori dan praktik,” ujar Hakim, Minggu (23/8).

Dijelaskannya, dalam NASE 2020, sesi perkuliahan meliputi sejarah perkembangam astronomi; kehidupan dan evolusi bintang; kosmologi dan tata surya.

Sedangkan, sesi workshop membahas aneka topik astronomi yang menarik, yaitu Horizon Lokal dan Jam Matahari, Peraga Bintang, Matahari, dan Bulan Studi Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari, Kotak Perlengkapan Astronom Muda, Bintik Matahari dan Spektrum Matahari, Riwayat Bintang, Astronomi di Luar Pengamatan, Pengembangan Alam Semesta, Planet dan Exoplanet, serta Astrobiologi.

“Melalui kegiatan ini, kami juga menyediakan fasilitas bagi para peserta untuk membuat alat-alat praktikum sederhana. Alat-alat ini diharapkan dapat mendukung para peserta khususnya guru saat memberikan pengajaran astronomi di kelas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, NASE merupakan pelatihan pendidikan sains astronomi yang diperuntukkan bagi para guru, sarjana serta orang-orang yang berkecimpung dalam bidang astronomi.

Selain itu, NASE 2020 juga mempromosikan proses belajar aktif dalam bidang astronomi, yaitu dengan melakukan praktik-praktik menggunakan alat peraga yang dapat dibuat sendiri.  (rur/rls/sur)

Komentar

Rekomendasi