oleh

Radar Lampung dan Radar Lampung TV Sabet Penghargaan Kantor Bahasa Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Radar Lampung dan Radar Lampung Tv menyabet penghargaan Kantor Bahasa Lampung terkait perwajahan bahasa di Media Massa. Penyerahan penghargaan dilakukan di aula kantor Bahasa Provinsi Lampung Senin (24/8).

GM Radar Lampung TV Adi Kurniawan dan Pemimpin Redaksi Radar Lampung Taufik Wijaya hadir dalam seremoni pemberian penghargaan. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Yanti Riswara.

Yanti mengatakan, penilaian penghargaan perwajahan bahasa baik di instansi pemerintah, swasta dan media massa ini telah sejak Maret. Masa penilaian itu berlangsung hingga bulan Agustus.

Dia mengatakan, tujuannya untuk kembali mengingatkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik yang juga di Indonesia. “Kita tahu bahasa Indonesia kan alat pemersatu bangsa, atas keberagaman suku-suku bangsa. Bahasa Indonesia juga sudah dikukuhkan sebagai bahasa negara didalam UUD 1945 dalam pasal 36, maka selayaknya harus menjunjung tinggi bahasa Indonesia dan mengutamakan diberbagai aspek bersifat kebangsaan dan kenegaraan,” beber Yanti.

Dia melanjutkan, kegiatan ini dilakukan juga untuk pembinaan dan pemasyarakatan bahasa Indonesia di Lampung agar bahasa Indonesia menjadi utama. Sejauh ini, Yanti mengatakan, Instansi pemerintah cukup baik karena sdah ada nomenklatur di kementerian, hanya sda bersifat kebijakan daerah seperti rest area, islamic center ini harusnya pakai bahasa Indonesia.

“Sementara lembaga swasta, terutama hotel nyaris kurang dalam memposisikan bahasa negara dalam posisi utama. Mungkin mereka berfikir ini melibatkan turis dan mereka juga harus tahu bahasa kita. Jadi kalau perlu orang asing mengetahui bahasa kita,” tambahnya.

Diketahui Pemenang wajah bahasa instansi pemerintah pemenang pertama Universitas Lampung, ke 2 BPS Provinsi Lampung, ke 3 SMAN 10 Bandarlampung, ke 4 Polresta Bandarlampung, dan ke 5 LPMP Provinsi Lampung.

Untuk Pemenang Wajah Bahasa Lembaga Swasta pemenang pertama SD IT Permata Bunda 1 Rajabasa , ke 2 Universitas Teknokrat Indonesia, ke 3 SMA Al-Kautsar Bandarlampung, ke 4 Universitas Bandar Lampung, dan pemenang ke 5 SMP IT Bina Insani Kota Metro. Sementara di kategori media massa, juara 1 Lampung Post, Juara ke 2 Radar Lampung Tv, ke 3 TVRI Lampung, ke empat RRI Lampung dan ke 5 Radar Lampung. (rma/wdi)

 

Komentar

Rekomendasi