oleh

Waspada! Karhutla Mengancam

RADARLAMPUNG.CO.ID – Musim kemarau yang melanda kabupaten Mesuji, dapat mengancam kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Atas dasar tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat meminta kepada warga untuk menjaga dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Mesuji, Sahril menanggapi adanya potensi kebakaran hutan di kabupaten Mesuji.

Menurutnya, masyarakat selalu waspada dalam sepekan terakhir. Sebab, kondisi cuaca yang cukup panas memasuki musim kemarau, sangat berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Makanya, jangan membakar lahan di sembarang tempat apalagi di lahan yang kering. Karena hal tersebut sangat berpotensi menimbulkan karhutla,” katanya.

Dia menyarankan, jika terjadi lahan yang terbakar, masyarakat diminta untuk segera lapor ke aparat desa setempat. Pihaknya bersyukur sampai hari ini belum ada kejadian kebakaran hutan maupun lahan di wilayah Kabupaten Mesuji.

“Dan kita akan terus berupaya untuk meminimalisasi karhutla di Mesuji dengan melakukan patroli monitor ke daerah yang rawan terbakar,” ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam, hutan,dan sungai sebagai sumber mata air. “Mari kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita,” ucapnya.

“Masyarakat juga diimbau turut aktif dalam kegiatan pencegahan karhutla dengan melaporkan kepada aparat desa/pihak berwajib apabila mengetahui adanya titik api atau pembakaran lahan serta disampaikan pula pesan tentang bahaya karhutla,” katanya.

Dia berharap karhutla dapat ditekan sedini mungkin dengan rutin memberikan sosialisasi ke masyarakat.(muk/yud)

Komentar

Rekomendasi