oleh

Empat Dokter RS Bob Bazar Lamsel Terkonfirmasi Covid-19, Jubir Satgas Covid : Pelayanan Tidak Terganggu

RADARLAMPUNG.CO.ID-Empat orang tenaga kesehatan di RS Bob Bazar yang diketahui positif Covid-19 ternyata merupakan doker yang sedang melakukan internship. Meskipun begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan pelayanan di rumah sakit plat merah itu tetap berjalan.

Seperti diketahui, ada empat dokter yang terkonfirmasi positif Covid-19 di RS Bob Bazar. Ke empatnya berawal dari pasien nomor 337, seorang perempuan 26 tahun yang mempunyai riwayat perjalanan ke Tanggerang yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab pada tanggal 15 Agustus.

“Pasien memang kerap melakukan perjalanan ke Tangerang. Dan karena telah dinyatakan positif Covid-19, dilakukan trasing dan didapatlah tiga lainnya,” tambahnya.

Selanjutnya tim melakukan trasing dan didapati 3 rekan Dokter tersebut yang juga dinyatakan positif Covid-19 yakni pasien nomor 346 seorang perempuan 24 tahun, Pasien nomor 347 seorang laki-laki 26 tahun dan pasien nomor 348 seorang perempuan 25 tahun yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab pada tanggal 20 Agustus.

Kondisi ke empat dokter yang baru lulus dan tengah magang tersebut dikatakan Reihana baik. Mereka tengah menjalani isolasi mandiri karena merupakan pasien tanpa gejala.

Meskipun ada yang terkonfirmasi positif bCovid-19, Reihana mengatakan rumah sakit Bob Bazar tetap melaksanakan pelayanan seperti biasa. Tidak ada yang terganggu.

“Karena Dokter yang positif adalah Dokter internship. Jadi mereka merupakan dokter tambahan, dan di setiap Kabupaten/Kota juga ada. Dan tidak menganggu pelayanan, tetap memberikan pelayanan seperti biasa di rumahsakit,” lanjutny.

Namun, jika terjadi penghentian layanan karna kekurangan dokter, rumah sakit rujukan Utama memiliki kewenangan untuk mengambil sementara Dokter yang bertugas di Puskesmas. Misalnya, di Puskesmas ada dua dokter, makq satu dokter bisa bekerja di rumah sakit.

“Saya juga tetap mengingat kan kepada rumah sakit untuk rutin memeriksakan tenaga kesehatan nya, mulai dokter, perawat, hingga office boy yang bekerja di ruang isolasi paling tidak setiap 14 hari sekali,” tambahnya.

Sementara per Selasa (25/8) ada penambahan konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung sebanyak bertambah 4 orang. Tambahan kali ini berasal dari Kota Bandar Lampung 1 orang dan Lampung Utara 3 orang.

Dengan adanya penambahan empat kasus baru, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 menjadi 369 kasus. Kemudian 14 orang dinyatakan terkonfirmasi meninggal karena Covid-19 dan 307 orang sudah selesai menjalani isolasi.

“Untuk pasien nomor 366 seorang laki-laki 39 tahun asal Bandarlampung. Kondisi saat ini sedang menjalani isolasi mandiri dirumah. Selanjutnya pasien nomor 367 dan 368 dari Kabupaten Lampung Utara merupakan hasil tracing dari pasien nomor 353. Selanjutnya pasien nomor 369 seorang laki-laki 47 tahun merupakan pelaku perjalanan dari muara Enim, Sumatera Selatan,” tambahnya. Seluruh pasien tengah menjalani isolasi mandiri dirumah. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi