oleh

ITERA Jadi Pilot Project Ujian Mandiri Berbasis Komputer

Radarlampung.co.id – Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi pilot project atau percontohan dalam pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Barat berbasis komputer. Sebanyak 852 peserta mendaftar mengikuti SMMPTN Barat di Kampus Itera, yang tesnya diadakan Selasa (25/8).

Ujian dilaksanakan sebanyak dua sesi, dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Dalam pelaksanaan ujian SMMPTN Barat kali ini, Itera dan Unila menjadi dua kampus yang melaksanakan ujian berbasis komputer, dari total 16 perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam pelaksanaan ujian SMMPTN Barat. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan peserta tes, sebab selama ini ujian SMMPTN Barat dilakukan ujian tertulis atau berbasis cetak.

Rektor Itera Prof.Ofyar Z. Tamin, mengapresiasi tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Itera yang mampu merancang sistem ujian mandiri berbasis komputer. Ia menilai pelaksanaan ujian mandiri berbasis komputer yang diterapkan ITERA akan memudahkan peserta dan panitia, serta selaras dengan misi kampus Itera yang senantiasa memanfaatkan teknologi informasi.

“Pelaksanaan ujian mandiri berbasis komputer ini menjadi langkah maju, sekaligus kesempatan Itera untuk memanfaatkan teknologi yang dimiliki untuk memudahkan proses ujian,” ungkapnya.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru, Irfanianta menjelaskan, total pendaftar SMMPTN Barat yang memilih ITERA tahun ini sebanyak 1.832 peserta. Untuk menerapkan protokol Covid-19, Itera menerapkan standar pengecekan kesehatan seluruh peserta tes, diantaranya dengan memeriksa suhu tubuh dan memberikan masker baru kepada seluruh peserta, mewajibkan cuci tangan sebelum dan setelah ujian, hingga menjaga jarak.

“Bagi peserta dari luar Lampung, kami wajibkan membawa bukti rapid test terbaru dengan hasil non reaktif Covid-19. Selain itu, ruang ujian juga kami setting dengan jarak yang sesuai protokol kesehatan,” ujar Irfan. (gie/yud)

Komentar

Rekomendasi